7 Fungsi S-Pen di Samsung Galaxy Note 10

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
S-Pen di Galaxy Note 10 setidaknya memiliki tujuh fungsi yang dihadirkan Samsung untuk meningkatkan produktivitas pengguna.
tirto.id - Air command, screen recorder, terjemahan dan konversi, serta screen memo, merupakan beberapa fungsi S-Pen (stylus pen) di Samsung Galaxy Note 10. Berikut ini penjelasan beberapa fungsi S-Pen tersebut, yang merupakan salah satu fitur unggulan di flagship Galaxy Note generasi ke-10 itu.

Peningkatan di Samsung Notes

Fungsi S-Pen di aplikasi Samsung Notes mengalami peningkatan signifikan. S-Pen kini dapat digunakan untuk zoom layar hingga 300 persen dan konversi tulisan tangan ke teks, ke PDF, hingga ke Microsoft Word.

Tulis dan Edit Live Message

Fungsi S-Pen di Samsung Galaxy Note 10 lainnya adalah kemampuan untuk mengedit, menulis, dan menggambar dengan bebas di video yang akan dikirimkan melalui fitur Live Message.

Mengakses Air Command

Fungsi S-Pen lain yang menjadi andalan di Samsung Galaxy Note 10 adalah mengakses fitur melalui Air Command. Cara ini cukup mudah, pengguna tinggal menekan tombol yang berada di S-Pen dan kemudian layar Galaxy Note 10 akan menampilkan menu pop-up berisi fitur S-Pen yang akan digunakan.

Catatan di Screen Recorder

Fitur unik S-Pen lainnya adalah dapat menambahkan catatan khusus atau keterangan yang diperlukan ketika merekam suara atau merekam aktivitas di layar Galaxy Note 10. Ini sangat membantu pengguna saat ingin berbagi tutorial atau menunjukkan sesuatu pada rekan-rekannya.

Terjemahan dan Konversi

Fungsi canggih S-Pen lainnya adalah menerjemahkan atau translate dari 71 bahasa asing. Caranya cukup mudah, pengguna cukup mengarahkan S-Pen ke teks yang akan diterjemahkan. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan S-Pen untuk konversi mata uang dan unit.

Air Action

Fungsi Air Action bisa dikatakan salah satu fitur paling menarik dari S-Pen di Galaxy Note 10. Fitur ini memungkinkan pengguna memakai Si-Pen di atas layar tanpa harus menyentuhkan ujungnya ke layar.

Air Action mencakup banyak tugas seperti mengganti mode foto dan video, mengatur zoom, live focus di kamera, dan banyak lagi. S-Pen ini bahkan dapat digunakan untuk membesarkan dan mengecilkan volume suara.

Screen Off Memo

Fungsi ini sangat membantu bagi pengguna yang sering mencatat informasi penting dengan cepat. Pengguna dapat menggunakan S-Pen untuk menulis memo tanpa harus membuka kunci layar karena memanfaatkan fitur Always On Display.

Adapun flagship Galaxy Note 10 meluncur dalam dua versi, yakni Galaxy Note 10+ dan Galaxy Note 10 reguler. Dua versi ini telah resmi masuk Indonesia pada 21 Agustus 2019 setelah diperkenalkan global di New York, AS pada 7 Agustus 2019.

Di Indonesia, Galaxy Note 10 dijual dengan harga Rp13.999.000, sedangkan Galaxy Note 10+ ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp16.499.000. Keduanya hadir dengan warna Aura Glow, Aura White, dan Aura Black.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight