Menuju konten utama

66.394 Pengunjung Padati Ragunan pada Libur Tahun Baru 2023

Per Minggu, 1 Januari 2023 pukul 15.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Ragunan mencatat ada 66.394 pengunjung yang datang untuk liburan Tahun Baru.

66.394 Pengunjung Padati Ragunan pada Libur Tahun Baru 2023
Sejumlah pengunjung melihat gajah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (1/1/2023). ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

tirto.id - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mencatat hingga hari ini, Minggu, 1 Januari 2023 pukul 15.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), terdapat 66.394 pengunjung TMR. Hal ini berdasar data pengunjung TMR yang diterima Tirto pada Minggu (1/1/2023) sore.

Dari total pengunjung tersebut, pengelola TMR mengatakan bahwa ada 5.066 orang yang mengunjungi Pusat Primata Schmutzer di TMR hingga hari ini pukul 15.00 WIB. Untuk diketahui, Pusat Primata Schmutzer merupakan salah satu pusat primata berkelas internasional yang memiliki peranan dalam konservasi primata Indonesia dan sebagai jendela informasi primata.

Kemudian pengelola TMR merinci jumlah kendaraan yang datang ke kebun binatang mereka sampai hari ini pukul 15.00 WIB. Terbanyak adalah kendaraan roda dua, yaitu 6.467.

Selanjutnya, diikuti oleh 4.014 kendaraan roda empat, 59 bus, serta 16 sepeda. Lalu, cuaca di TMR hingga hari ini pukul 15.00 WIB yaitu berawan dengan suhu 28 derajat celcius.

Di samping itu, Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang sempat memperkirakan sebanyak 50 ribu pengunjung hari ini bakal ke TMR. Menurut dia jumlah tersebut sudah cukup bagus, karena cuaca sangat menentukan tingkat kunjungan mereka.

“50.000 sudah bagus ya, karena cuaca sangat menentukan tingkat kunjungan kita ya. Jam 04.00 WIB sudah hujan, cenderung merata, tidak di Jakarta saja tapi semuanya sama,” kata Bambang kepada para jurnalis di kantornya, Minggu (1/1/2023).

Bambang pun menuturkan, hari ini atau hari pertama pada tahun 2023 tidak ada event di TMR. “Cuma saat natal saja,” sambung Bambang.

Sementara itu, Bambang menyebut bahwa tahun ini TMR akan menambah lagi personelnya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kenaikan pengunjung di kebun binatang tersebut.

“Untuk personel, ada petugas insiden tambahan (untuk) membantu pelayanan di pintu masuk, di parkir, kemudian di pelayanan-pelayanan yang strategis ada penambahan personel. Ada juga ya dari kepolisian, jadi untuk hari ini kita full team semua unsur kita kerahkan,” imbuh Bambang.

Menurut Bambang, walaupun cuaca sempat hujan hari ini, namun tidak menyurutkan niat para pengunjung bersama teman, pasangan, maupun keluarga untuk bertemu dengan banyak satwa di TMR. Terlebih, pihak TMR pun menghadirkan atraksi simpanse bernama Monica yang menunjukkan kebolehannya membuka kado yang berisi buah untuk meramaikan hari pertama di 2023 ini.

Selain itu, Bambang juga mengarahkan pengunjung untuk masuk melalui pintu barat. Hal ini bertujuan guna mengurangi jumlah pengunjung yang padat di pintu utara.

Bambang menuturkan, pihaknya pun sudah menyediakan 10 titik parkir. Antara lain di pintu utara, pintu motor utara, pintu barat, dekat kandang burung unta, depan kandang jerapah, area kesehatan hewan, danau timur, dekat kandang harimau, barat kantor pengelola, serta sekitar pusat informasi.

“Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, kami juga menyiagakan 600 petugas internal dan 65 petugas tambahan,” ujar Bambang.

Baca juga artikel terkait LIBUR TAHUN BARU 2023 atau tulisan lainnya dari Farid Nurhakim

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Restu Diantina Putri