5 Cara Membuat Rambut Lurus Alami: Pakai Turban hingga Aloe Vera

Kontributor: Arista Estiningtyas, tirto.id - 22 Sep 2022 07:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut menjadi lurus secara alami, mulai dari penggunaan turban hingga aloe vera.
tirto.id - Rambut yang lurus memiliki kesan yang rapi dan tampak elegan, sehingga didambakan oleh banyak orang. Akan tetapi untuk memiliki rambut yang lurus secara alami nyatanya tidaklah mudah.

Sebagian meluruskan rambut justru bisa berdampak pada kesehatan rambut itu sendiri. Misalnya, penggunaan hair iron atau alat catok rambut. Alat tersebut dilengkapi dengan pemanas yang memang berfungsi untuk mempercepat pelurusan rambut yang bergelombang atau keriting.

Namun, panas yang dihasilkan oleh alat catok ini justru dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga rambut terlihat kering, kasar, bahkan bercabang. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidak sembarangan melakukan segala cara untuk meluruskan rambut.

Cara Membuat Rambut Lurus Alami


Kabar baiknya, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut bergelombang secara alami. Berikut Tirto menghimpun lima cara membuat rambut lurus alami:


1. Bungkus Rambut dengan Turban atau Syal

Melansir Healthline, membungkus rambut dengan menggunakan kain syal atau turban menjadi salah satu cara yang cukup mudah untuk diterapkan.

Ada beberapa tutorial membungkus rambut yang dapat dicoba sesuai dengan tekstur dan panjang rambut. Akan tetapi, pada dasarnya cara-cara tersebut hampir sama.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pisahkan bagian atas tempat membelah rambut. Gunakan sisir yang bergigi rapat untuk menyisirnya.

Pegang rambut dengan kencang lalu bawa rambut ke sisi yang arah yang berlawanan lalu jepit dengan kuat ke sisi kepala. Cara ini harus dilakukan secara berulang untuk setiap bagian rambut dan perlu kencangkan dengan syal atau turban sesaat sebelum tidur di malam hari.

2. Gulung Rambut Menggunakan Rol Plastik


Rol plastik dengan diameter jumbo juga bisa digunakan untuk menciptakan rambut lurus secara alami. Penggunaan rol dengan diameter sekitar 1 ¾ inci dapat memberikan kesan rambut yang lebih bervolume.

Caranya, basahi sedikit bagian rambut, lalu gulung rambut dengan menggunakan rol saat sebelum tidur atau selama kurang lebih empat jam.

3. Keringkan Rambut dengan Udara Dingin


Usai keramas biarkan rambut kering hingga tiga perempat kering lalu bagi rambut menjadi beberapa bagian.

Gunakan pengering rambut yang telah diatur pada mode “cool atau dingin” kemudian keringkan rambut dari bagian akar rambut hingga ujung.

Pastikan jarak antara pengering rambut dengan helai rambut tetap berada pada jarak sekitar enam inci. Setelah itu gunakan serum atau kondisioner untuk menjaga agar rambut tetap sehat.

4. Gunakan Aloe Vera dan Coconut Oil


Seperti yang sudah diketahui, aloe vera atau lidah buaya sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Kandungan-kandungan dalam aloe vera apabila dicampurkan dengan minyak kelapa atau coconut oil pun dipercaya dapat membantu meluruskan rambut untuk sementara.

Caranya, cukup campur setengah cangkir lidah buaya dengan setengah cangkir minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran bahan tersebut pada rambut lalu biarkan selama satu jam hingga meresap. Setelah satu jam, cuci rambut dengan menggunakan sampo.

5. Campuran Susu dan Telur


Selain campuran aloe vera dan coconut oil, campuran secangkir susu dan satu buah telur juga dapat membantu meluruskan rambut.

Kocok telur dalam cangkir yang telah berisi susu selama beberapa menit. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada rambut dengan menggunakan sikat.

Biarkan selama kurang lebih setengah jam dan bungkus rambut dengan menggunakan handuk. Selanjutnya, cuci rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih.



Baca juga artikel terkait TIPS KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Arista Estiningtyas
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Arista Estiningtyas
Penulis: Arista Estiningtyas
Editor: Yonada Nancy

DarkLight