Pilpres 2024

3 Kali Kunjungi Nasdem, Demokrat Belum Hasilkan Kesepakatan Politik

Reporter: Irfan Amin - 23 Jun 2022 16:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Nasdem dan Demokrat belum memunculkan nama sosok bakal capres dan cawapres di Pemilu 2024.
tirto.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan bahwa partainya belum memutuskan nama calon presiden dan calon wakil presiden meski ada sejumlah partai yang sudah menyambangi kantornya, Nasdem Tower. Bahkan dengan Partai Demokrat yang sudah tiga kali berjumpa, masih belum ada titik temu perihal nama yang akan diusung.

"Belum ada, kami belum ada proses mengusung nama capres atau cawapres dengan Demokrat," kata Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, pada kamis (23/6/2022).

Dalam kunjungan ini Surya masih enggan membicarakan siapa nama yang akan disepakati antara kedua belah pihak. Bahkan menurutnya saat ini masih terlalu dini.

"Ya itu juga yang belum dibicarakan Mas AHY pada saatnya mungkin kita akan masuk ke wilayah itu tetapi menurut kami terlalu dini kalau sekarang kita bicara di sana artinya masih panjang proses ini waktunya masih cukup dan mudah-mudahan kita semua bersabar," terangnya.

Menurutnya Demokrat rela datang hingga tiga kali ke kantor Nasdem karena alasan kesetaraan antarpartai. Hal itu digambarkan dalam proses peletakkan posisi yang tidak berada di atas maupun di bawah Nasdem.

"Karakter Nasdem ini mengajak kesetaraan menempatkan posisinya tidak lebih di atas dan lebih di bawah kepada siapa saja. Yang paling penting adalah yang mau kita capai sebenarnya untuk apa di Pemilu sebagai mandat dari sistem demokrasi," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga mengungkapkan bahwa dirinya bertemu Surya Paloh memiliki harapan untuk terjadi komunikasi yang berpotensi mengarah ke koalisi dalam proses Pemilu 2024.

"Dan pada akhirnya jika semakin intensif komunikasi yang kami lakukan, mudah-mudahan terbuka ruang yang lebih luas bagi kebersamaan perjuangan, baik Partai Nasdem atau Partai Demokrat ke depan," tutup AHY.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight