2 Penumpang Bus di Terminal Pulogebang Positif COVID-19

Sumber: Antara, tirto.id - 18 Mei 2021 14:27 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penumpang yang hasil tes usap antigen/GeNose positif COVID-19 diminta menunggu pemeriksaan tes usap PCR di ruang isolasi.
tirto.id - Sebanyak dua orang penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, positif COVID-19 setelah dilakukan tes usap antigen.

Kepala Terminal Pulogebang Bernard Pasaribu mengatakan kedua penumpang itu terdiri dari satu orang yang baru tiba dari Kudus, Jawa Tengah dan satu orang yang hendak berangkat menuju Padang, Sumatera Barat.

"Tadi pagi ada satu penumpang dari Kudus terindikasi positif COVID-19. Jadi, untuk sementara kita isolasi mandiri di Terminal Pulogebang," kata Bernard Pasaribu di Jakarta, Selasa (18/5/2021) dilansir dari Antara.

Bernard menambahkan kepada seorang penumpang bus tujuan Padang terpaksa dibatalkan keberangkatannya. "Karena dicek antigen positif COVID-19, dibatalkan keberangkatannya. Jadi, total ada dua orang di terminal Pulogebang yang diisolasi," ujar Bernard.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, pengelola Terminal Pulogebang menyediakan ruang isolasi mandiri yang berada di lantai tiga dan tak jauh dari lokasi tes usap antigen/GeNose di lantai dua.

Ruang isolasi ini digunakan bagi penumpang yang hasil tes usap antigen/GeNose positif COVID-19 sambil menunggu pemeriksaan tes usap PCR.

Apabila tes usap PCR menunjukkan hasil positif, maka penumpang tersebut akan dibawa menuju rumah sakit rujukan COVID-19 yang telah ditunjuk Pemkot Jakarta Timur.

Terminal Pulogebang memang telah kembali membuka layanan keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) mulai hari ini, Selasa (18/5/2021), seiring berakhirnya periode larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Bernard mencatat jumlah kedatangan penumpang bus AKAP di Terminal Pulogebang belum terlalu banyak. Menurut dia, berdasarkan data kedatangan penumpang bus AKAP di Terminal Pulogebang per harinya tidak sampai 50 orang.

"Jadi untuk kedatangan itu masih belum banyak, masih 41 penumpang yang datang per hari untuk tanggal 17 (Mei)," ujar Bernard. Sementara untuk data keberangkatan penumpang bus AKAP setelah dibukanya kembali layanan tersebut masih terus didata.


Baca juga artikel terkait ARUS BALIK 2021 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto

DarkLight