2 Cara Mengobati Wasir atau Ambeien dengan Bawang Putih

Oleh: Budwining Anggraeni Tiyastuti - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengobati wasir atau ambeien dengan bawang putih.
tirto.id - Ambeien atau yang kerap disebut wasir merupakan sebuah kondisi di mana terjadi pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di daerah anus atau rektum.

Melansir Healthline, wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal atau eksternal. Wasir internal tumbuh di dalam anus atau rektum, sedangkan wasir eksternal berkembang di luar anus.

Wasir dapat terjadi pada siapapun, tetapi orang yang sedang hamil atau sedang mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar memiliki risiko lebih besar menderita wasir.

Saat hamil, rahim pun ikut membesar. Rahim yang membesar akan menekan vena di usus besar dan menyebabkannya turut membesar pula.

Wasir pun kerap menyerang orang yang mengejan terlalu keras saat buang air besar, mengangkat beban terlalu berat, atau terlalu lama duduk, sebagaimana dikutip dari National Health Service.

Wasir juga dapat ditularkan secara genetik dari orang tua ke anak. Jadi, jika orang tua menderita wasir, keturunannya akan sangat mungkin turut serta menderita wasir. Hubungan seks anal dan diare yang parah juga dapat meningkatkan risiko wasir.

Biasanya, orang yang menderita wasir akan mengalami gejala-gejala, seperti merasa sangat gatal di sekitar anus, terdapat benjolan atau bengkak di sekitar anus, merasa sakit di anus saat buang air besar, atau keluar darah saat buang air besar.

Meskipun wasir akan terasa mengganggu bagi penderita, penyakit ini tak akan mengancam jiwa para penderitanya dan sering kali akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Meskipun hal ini jarang terjadi, jika penderita sering mengeluarkan darah saat buang air besar, hal ini juga dapat menyebabkan anemia.

Mengobati wasir memang perlu penanganan dari dokter. Jika sudah parah, penderita juga perlu melakukan operasi untuk mengobati wasir.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan penderita wasir untuk mengurangi sakit karena wasir. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi gatal dan peradangan pada wasir. Kandungan alisin dalam bawang putih berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur dan bisa menghancurkan bakteri di sekitar anus.

Menurut LiveStrong, terdapat dua cara mengatasi wasir dengan bawang putih yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

Pertama, apabila mengalami wasir internal, penderita hanya perlu mengupas satu siung bawang putih, lalu memasukkannya ke dalam anus dan dibiarkan selama semalam saja.

Kedua, apabila mengalami wasir eksternal, penderita perlu menyiapkan empat siung bawang putih. Setelah itu, bawang putih yang telah dikupas direbus dengan segelas air.

Air rebusan bawang putih lantas digunakan untuk mengompres anus dengan menggunakan kapas. Apabila kapas sudah kering, penderita dapat kembali membasahi kapas dengan air rebusan bawang putih.

Bawang putih sebagai obat alami memang dapat digunakan untuk membantu meringankan rasa sakit wasir, akan tetapi bawang putih tetap tidak boleh dianggap sebagai pengganti untuk perawatan dari medis.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih atau zat lain untuk mengobati wasir.


Baca juga artikel terkait WASIR atau tulisan menarik lainnya Budwining Anggraeni Tiyastuti
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Penulis: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight