Menuju konten utama

1.500 Personel Polisi Amankan Jalannya Debat Pilkada 2017

Menghadapi jalannya debat Polres Jakarta Selatan akan mengerahkan 1.500 untuk pengamanan di sekitar tempat debat.

1.500 Personel Polisi Amankan Jalannya Debat Pilkada 2017
Ilustrasi pengamanan oleh polisi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga.

tirto.id - Debat pertama Pilkada DKI Jakarta 2017 akan digelar Jumat (13/1/2016) malam ini pukul 20.00 WIB di Hotel Bidakara, Jakarta.

Menghadapi jalannya debat Polres Jakarta Selatan akan mengerahkan 1.500 untuk pengamanan di sekitar tempat debat.

"Pengamanan empat lapis mulai dari dalam hingga pintu keluar masuk," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Purwanta seperti diwartakan Antara.

Purwanta merinci pengamanan lapis satu mencakup wilayah Audirotium Birawa, lapis kedua meliputi bagian samping kiri-kanan auditorium, lapis tiga halaman Hotel Bidakara dan lapis empat bagian pintu keluar masuk.

Polisi juga akan mengerahkan petugas untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar Hotel Bidakara guna mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Bagi para pendukung yang masuk dalam ruang debat, polisi akan memberlakukan kanalisasi bagi pendukungpada akses pintu keluar masuk, untuk menghindari bentrok antar pendukung.

Selain itu polisi dan tim pemenangan pasangan calon telah bersepakat setiap pasangan calon hanya mendapat jatah 100 pendukung yang diperbolehkan memasuki auditorium.

Dalam debat kandidat pertama malam ini, KPU DKI Jakarta mengangkat tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta, yang mencakup isu sosial ekonomi, lingkungan, transportasi, tata kota, infrastruktur, pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta.

Debat pertama akan disiarkan stasiun televisi Net, TV One, dan Jawa Pos TV pukul 20.00 WIB. Tujuh stasiun televisi lainnya akan menayangkan siaran tundanya.

Debat kedua Pilkada DKI Jakarta akan digelar pada 27 Januari dan terakhir pada 10 Februari 2017.

KPU juga mewajibkan bagi pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk mengikuti debat dan akan memberikan sanksi bila tak menghadiri debat resmi ini.

Baca juga artikel terkait DEBAT PILKADA DKI JAKARTA atau tulisan lainnya dari Agung DH

tirto.id - Politik
Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH