100 Ribu APD Dikirim ke DKI hingga Surabaya, Distribusi Lewat Kodim

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Maret 2020
Markas tentara di daerah akan mengatur distribusi alat pelindung diri untuk pakaian petugas medis yang menangani Corona.
tirto.id - Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah siap mendistribusikan sebanyak 100 ribu unit Alat Pelindung Diri (APD) untuk beberapa wilayah dengan skala prioritas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo menuturkan berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, telah disalurkan sebanyak 40 ribu unit APD ke Balai Kota DKI Jakarta.

"Penyaluran mendapat pengawalan dari Kodam Jaya pada Minggu (22/3/2020) malam," kata dia melalui keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Kemudian kata Agus sebanyak 25 ribu unit APD diterbangkan menuju Semarang, DI Yogyakarta, Surabaya dan Bali pada hari ini Senin (23/3/2020) dari Bandung.

Selanjutnya lanjut dia, sebanyak 25 ribu unit APD didistribusikan untuk wilayah Jawa Barat, Bogor dan Banten. Sedangkan 10 ribu unit APD akan disimpan sebagai cadangan.

Agus menuturkan, pihak yang menerima pendistribusian APD di tiap-tiap daerah tersebut adalah anggota TNI di Komando Daerah Militer (Kodim) setempat sebagai Gugus Tugas Daerah.

"Setelah diterima oleh Kodam, maka selanjutnya APD tersebut disalurkan menurut skala prioritas masing-masing," ucapnya.

Kasus virus corona COVID-19 di Indonesia telah menyebar hingga ke 20 provinsi, menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan hingga Minggu (22/3/2020). Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia, menurut catatan Kemenkes adalah 514 orang positif, 29 orang sembuh, dan 48 orang meninggal dunia, hingga Senin (23/3/2020) pukul 09.00 WIB.




Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight