10 Quote Khalil Gibran Menyentuh Hati untuk Ucapan Ramadhan 2022

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 2 Apr 2022 11:38 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kutipan atau quote Khalil Gibran cocok digunakan untuk membuat ucapan Ramadhan 2022 yang menyentuh hati.
tirto.id - Kata-kata yang dikutip dari karya Khalil Gibran atau quote banyak digunakan untuk menebar motivasi di berbagai momen istimewa, seperti Ramadhan 2022. Hal ini karya-karya Gibran telah diakui banyak orang memiliki makna yang dalam dan mengajarkan kebijaksanaan.

Bulan Ramadhan adalah momen dimana umat muslim menjalankan lebih banyak ibadah dan kebaikan dari bulan-bulan lain. Oleh karena itu, penting bagi umat muslim saling memotivasi satu sama lain untuk berbuat kebaikan dan berpikir positif.

Saling berkirim pesan inspiratif dapat menjadi alternatif yang dapat dilakukan umat muslim untuk mengisi waktu dan membagi kebaikan di bulan Ramadhan. Pesan-pesan motivasi itu bisa dikutip lewat karya populer sang sastrawan dunia, Khalil Gibran.

Khalil Gibran adalah seniman dan sastrawan asal Lebanon. Ia banyak menghasilkan berbagai karya sastra bertema romantis maupun kehidupan. Melansir Poetry Foundation, Gibran menempuh pendidikan di Beirut, Boston, dan Paris.

Karya-karyanya dipengaruhi oleh kaum modernis Eropa di akhir abad ke-19 dan sangat laku di Amerika dan Eropa. Sayangnya, hal ini juga membuat karyanya sempat sulit diterima oleh kaum konservatif di Eropa maupun Timur Tengah.

Sebagian besar karya sastra Gibran ditulis dalam bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Salah satu karya Gibran yang paling populer sepanjang masa adalah The Prophet atau Sang Nabi yang terbit pada 1923.

Gibran sendiri memang lahir dari keluarga Kristen Maronit dan meninggal sebagai seorang Nasrani. Kendati demikian, buah hasil pemikiran Gibran tidak hanya dipengaruhi oleh agamanya sendiri. Melansir menurut New York Times sebagai orang Arab, Gibran juga dipengaruhi oleh Islam terutama oleh mistisme para sufi.

Pengetahuannya dengan tentang sejarah berdarah di tanah kelahirannya memperkuat keyakinannya pada kesatuan fundamental agama-agama. Hal inilah yang menyebabkan karya-karyanya dikagumi oleh berbagai kalangan termasuk sebagian orang Islam.

Quote Khalil Gibran yang Menyentuh Hati untuk Ucapan Ramadhan 2022


Saat ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengirimkan ucapan Ramadhan pada kolega, kerabat, dan orang-orang terkasih. Ini menyusul penetapan 1 Ramadhan 1443 H oleh pemerintah dan lembaga keagamaan baru-baru ini.

Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Penetapan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah sidang isbat yang digelar pada Jumat (1/4/2022).

Di sisi lain, Muhammadiyah sudah mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1443 H akan jatuh pada hari ini, Sabtu (2/4/2022) dan telah melaksanakan salat tarawih pada Jumat Malam.

Pesan-pesan yang disampaikan untuk ucapan Ramadhan 2022 yang sudah dan/atau akan berlangsung bisa dilengkapi dengan kutipan bijak dan menyentuh hati dari Khalil Gibran. Berikut daftar quote Khalil Gibran yang bisa digunakan untuk mengirimkan ucapan Ramadhan 2022 seperti yang dikutip dari GoodReads dan Everyday Power:

1. "Kedermawanan adalah memberi lebih dari yang Anda bisa, dan kesombongan mengambil lebih sedikit dari yang Anda butuhkan."

2. “Iman adalah pengetahuan di dalam hati, di luar jangkauan pembuktian."

3. "Kamu berdoa dalam kesusahan dan kebutuhanmu, semoga kamu juga berdoa dalam sukacitamu dan dalam hari-harimu yang berkelimpahan."

4. "Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda kelemahan dan keputusasaan, tetapi manifestasi kekuatan dan resolusi."

5. "Dari penderitaan telah muncul jiwa-jiwa terkuat, karakter yang paling besar terbakar dengan bekas luka."

6. "Berlebihan adalah kebenaran yang telah kehilangan kesabarannya."

7. "Tuhan membuat kebenaran dengan banyak pintu untuk menyambut setiap orang percaya yang mengetuknya.”

8. “Jangan katakan, 'saya telah menemukan kebenaran,' melainkan, 'saya telah menemukan sebuah kebenaran'.”

9. "Tuhan tidak mendengarkan kata-kata Anda kecuali ketika Dia sendiri yang mengucapkannya melalui bibir Anda."

10. "Kehidupan sehari-harimu adalah kuilmu dan agamamu. Ketika kamu masuk ke dalamnya, bawalah semua milikmu."



Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight