Yudo Margono Dilantik Jadi KSAL, Fadjar Prasetyo Jadi KSAU

Oleh: Andrian Pratama Taher - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Keduanya langsung mendapat kenaikan pangkat berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020.
tirto.id - Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya Yudo Margono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Keduanya langsung mendapat kenaikan pangkat berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi. Yudo menjadi Laksamana, sementara Fadjar menjadi Marsekal.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara Kesatuan republil Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti Yudo dan Fadjar.

Usai mengucapkan sumpah, Yudo dan Fadjar menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Jokowi.

Pelantikan Yudo didasarkan pada surat Keputusan Presiden RI Nomor 32 TNI Tahun 2020, sementara Fadjar tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI Nomor 33 TNI Tahun 2020.

Pelantikan ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud MD. Turut hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAD Andika Perkasa.

Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada 14 Mei 2020 lalu. Yudo merupakan alumni akademi Angkatan Laut 1988 yang pernah menduduki jabatan Pangkogabwilhan I, Panglima Komando Armada Barat, dan Panglima Komando Lintas Laut Militer.

Sementara Fadjar menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang akan pensiun pada 10 juni mendatang. Fajar sebelumnya menjabat sebagai Pangkogabwilhan II. Alumni Angkademi Angkatan Udara tahun 1988 ini juga pernah menjabat sebagai Pangkoopsau I dan Pangkoopsau II. Ia juga menjabat Danlanud Halim pada tahun 2016-2018.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN KSAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight