Xiaomi Klaim Kapalkan 1 Juta Unit Mi 9 Hingga Akhir Maret

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 2 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lebih dari 1 juta unit Mi 9 telah didistribusikan Xiaomi ke seluruh dunia sejak Februari sampai dengan akhir Maret 2019.
tirto.id - Mi 9, flagship terbaru Xiaomi yang dirilis pada Februari 2019, telah didistribusikan lebih dari 1 juta unit ke seluruh dunia hingga akhir maret. Klaim ini disampaikan Donovan Sung selaku juru bicara global Xiaomi.

"Kabar luar biasa! Kami senang mengumumkan bahwa pada 31 Maret [2019], kami telah memasok lebih dari 1 juta unit Mi 9 ke seluruh dunia," klaimnya melalui akun @donovansung di Twitter, Senin (1/4/2019).

"Terima kamis kepada Mi Fans [sebutan pengguna Xiaomi] yang telah mendukung kami dalam pencapaian ini," twit Donovan lagi.

Menurut laman Gizchina, apabila ditambah dengan varian Mi 9 SE, maka jumlah total pengapalan Mi 9 menjadi lebih dari 1,5 juta unit. Pencapaian ini cukup luar biasa lantaran melebihi pendahulunya.

Melansir GSM Arena, seri Mi 8--termasuk Explorer Edition dan varian SE--telah terjual 1 juta unit dalam 3 pekan. Seri ini kemudian tercatat terjual 6 juta unit dalam 4 bulan. Sebelumnya, Xiaomi juga mengklaim bahwa telah menjual 1 juta unit Redmi Note 7 dalam 1 bulan.

Patut ditekankan bahwa angka-angka di atas adalah data penjualan bukan pengapalan atau distribusi.

Sebagai flagship, Mi 9 memang cukup memikat lantaran menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga kompetitif. Saat diumumkan di Cina pada 20 Februari lalu, harga Mi 9 mulai 2.999 yuan atau sekitar Rp6,3 juta (kurs Rp2.119).

Mi 9 mengusung layar 6,39 inci FHD+ tipe Super AMOLED didukung fitur Reading Mode 2.0 dan Sunlight Mode 2.0. Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 10 yang kaya fitur.

Penerus Mi 8 ini menawarkan performa kian gegas dari pendahulunya lantaran mengusung seri chipset lebih tinggi, yaitu Snapdragon 855 berkonsep octa-core, yang dipadukan dengan RAM 6GB. Kemampuan gaming-nya juga andal berkat grafis dari Adreno 640.

Mi 9 mengusung tiga buah kamera belakang sebagai senjata andalan di sektor fotografi. Kamera utamanya berkekuatan 48MP dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel yang ditandemkan lensa aperture f/1.8 didukung fitur laser autofocus, PDAF, OIS, dan LED flash.

Kamera keduanya berkekuatan 16MP diperkuat dengan lensa ultra-wide bukaan f/2.2 yang menawarkan FoV 117 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 12MP berfungsi sebagai depth sensor sekaligus telephoto dengan lensa f/2.2 untuk menghadirkan kemampuan 2 kali optical zoom.

Hingga hari ini, belum ada keterangan resmi dari Xiaomi apakah akan memboyong Mi 9 ke Indonesia. Sebagai informasi, pendahulunya, Mi 8, hanya versi Lite yang masuk ke Tanah Air.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis