Xiaomi Hadirkan Mi Charge Turbo untuk Pengisian Daya Cepat

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi perkenalkan fitur pengisian daya cepat secara nirkabel yang mengusung teknologi Mi Charge Turbo.
tirto.id - Xiaomi telah memperkenalkan fitur pengisian daya cepat secara nirkabel melalui teknologi Mi Charge Turbo, seperti yang dilansir dari Android Police pada (9/9/2019). Mi Charge Turbo diklaim sebagai wireless fast charging pertama di dunia dengan daya maksimal hingga 30W.

Teknologi fast charge memang bukan hal yang baru, tetapi selama ini baru tersedia untuk metode pengisian daya berbasis kabel seperti Quick Charge 3.0, VOOC flash charge, dan sebagainya. Wireless charging juga sudah menjadi standar fitur ponsel flagship saat ini, tetapi belum mendukung fast charge.

Sedangkan Mi Charge Turbo andalan Xiaomi ini mengimplementasikan fast charge dengan daya hingga 30W pada teknologi wireless atau nirkabel. Bandingkan dengan wirless charging yang ada saat ini rata-rata mengusung daya 5W atau 10W saja.

Xiaomi mengatakan bahwa Mi Charge Turbo dapat mengisi baterai berkapasitas 4000mAh hingga 50 persen dalam waktu 25 menit saja. Sedangkan untuk mengisi penuh, teknologi Mi Charge Turbo ini hanya membutuhkan waktu 70 menit saja. Kecepatan Mi Charge Turbo jelas lebih cepat dari teknologi Quick Charge 3.0 berbasis kabel dengan daya hanya 18W.


Selain menawarkan performa pengisian daya baterai yang lebih cepat dari standar wireless charging yang ada, Xiaomi mengatakan bahwa Mi Charge Turbo juga lebih efisien. Teknologi ini diklaim memiliki efisiensi konversi mencapai 98 persen berkat penggunaan kumparan yang terbuat dari lima lapis nanocrystal.

Menurut GSM Arena, smartphone pertama yang akan mendukung fitur Mi Charge Turbo ini adalah Xiaomi Mi 9 Pro 5G. Smartphone Xiaomi Mi 9 Pro 5G ini masih misterius dan sudah muncul di situs TENAA bulan lalu. Selain mendukung Mi Charge Turbo, Xiaomi Mi 9 Pro 5G ini juga menawarkan performa tinggi berkat chipset Snapdragon 855+ dan telah mendukung jaringan 5G.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi apakah charging pad Mi Charge Turbo ini sudah dalam paket penjualan Xiaomi Mi 9 Pro 5G atau dijual terpisah. Tanggal peluncuran smartphone Xiaomi Mi 9 Pro 5G juga masih belum terungkap.

Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yantina Debora
DarkLight