Kesepakatan Dagang AS-Cina

Xi Jinping akan Bertemu Delegasi AS di Beijing pada Jumat

Oleh: Yantina Debora - 13 Februari 2019
Delegasi AS bakal berkunjung ke Cina guna membahas soal kesepakatan dagang AS-Cina sebelum pertemuan puncak Xi Jinping-Donald Trump.
tirto.id - Presiden Cina Xi Jinping dijadwalkan bertemu delegasi AS yakni Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, di Beijing pada Jumat (15/2/2019).

Dikutip dari SCMP, Rabu (13/2/2019), Wakil Perdana Menteri China Liu He selaku negosiator perdagangan Cina juga bakal menjamu delegasi AS di sebuah restoran Cina di pusat kota Beijing.

Pertemuan pemimpin Cina dan delegasi AS dinilai menjadi upaya kedua negara untuk memperkuat kesepakatan perdagangan.

Pertemuan Jumat nantinya diharapkan dapat menghasilkan pakta yang bakal dibahas dalam pertemuan puncak Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump (belum ditetapkan jadwal pertemuannya).

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyampaikan harapannya segera bertemu Presiden Cina Xi Jinping sebagai upaya untuk membahas soal kesepakatan perdagangan kedua negara.


Ia berharap dapat menyelesaikan negosiasi terakhir sebelum tenggat waktu Kesepakatan Perdagangan tanggal 1 Maret 2019 yang tinggal beberapa minggu lagi.

“Dia [Trump] ingin bertemu Presiden Xi, segera. Presiden ingin membuat kesepakatan. Dia ingin keadilan untuk Amerika; pekerja Amerika dan Suku Bunga Amerika,” kata penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway, sebagaimana dikutip Bloomberg.

Trump memutuskan, jika sampai 1 Maret ia tidak bisa bertemu dengan XI Jinping, ia mengancam akan menggandakan tarif impor Cina senilai 200 miliar dolar AS. 1 Maret adalah tenggat waktu yang disepakati keduanya untuk Kesepakatan Tarif Dagang.


Baca juga artikel terkait PERANG DAGANG AS-CINA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Ekonomi)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH