login kartu prakerja 2021

www.prakerja.go.id Login Dashboard dan 2 Fitur Terbaru Prakerja

Kontributor: Yonada Nancy, tirto.id - 7 Okt 2021 12:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fitur ini juga memuat informasi terkait pencairan insentif Prakerja, termasuk alasan mengapa insentif gagal cair.
tirto.id - Program Kartu Prakerja mengumumkan telah mengembangkan dua fitur baru pada platform www.prakerja.go.id, Rabu (7/10/2021).

Melansir @Prakerja.go.id kedua fitur tersebut berupa Riwayat Insentif (History Incentive) dan Rekomendasi Pelatihan.

Fitur Riwayat Insentif merupakan fitur yang memungkinkan penerima melihat status insentif Prakerja saat ini dan sebelumnya. Fitur ini juga memuat informasi terkait pencairan insentif, termasuk alasan mengapa insentif gagal cair.

Dengan adanya fitur ini penerima dapat mengevaluasi dan mengeliminasi penyebab-penyebab kegagalan pencairan insentif. Selain itu, fitur Riwayat Insentif juga bisa dijadikan acuan bagi penerima untuk melapor pada call center Prakerja atau mitra pembayaran.

Terdapat dua jenis insentif yang akan diberikan oleh penerima manfaat Kartu Prakerja. Insentif yang pertama adalah insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Insentif lainnya adalah biaya pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei.

Kedua jenis insentif tersebut akan dicairkan dalam bentuk non-tunai melalui bank atau e-wallet. Insentif hanya diberikan pada penerima Kartu Prakerja yang memenuhi syarat, salah satunya telah menyelesaikan dan menerima sertifikat pelatihan.

Fitur baru lainnya adalah Rekomendasi Pelatihan. Sebelumnya, penerima Prakerja harus membuka satu per satu platform digital untuk membeli pelatihan. Namun, dengan diluncurkannya fitur Rekomendasi Pelatihan, penerima prakerja dapat membuka beberapa platform digital dalam satu tampilan dashboard.

Dengan fitur ini juga, akan ditampilkan beberapa rekomendasi pelatihan melalui masing-masing platform digital yang dapat dipilih penerima Kartu Prakerja. Terdapat tujuh platform digital yang dapat dimanfaatkan oleh penerima manfaat untuk membeli pelathian. Ketujuh platform tersebut diantaranya Pijar, Bukalapak, Tokopedia, Kariermu, Sisnaker, Pintaria, dan MauBelajar.

Fitur-fitur baru Prakerja dapat diakses melalui halaman dashboard Prakerja dengan melakukan login terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah melakukan login di akun Prakerja:
  • Buka laman https://dashboard.prakerja.go.id/masuk
  • Masukkan alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya di kolom yang tersedia
  • Masukkan password di kolom yang tersedia
  • Pendaftar dapat mencentang "Ingat saya" untuk menyimpan email dan password di browser untuk mempercepat proses login akun dilain waktu
  • Klik "Masuk" dan sistem otomatis akan membawa pengguna ke halaman dashboard prakerja.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight