STOP PRESS! Beda Sikap Soal Densus Tipikor Polri: Presiden Gelar Ratas

Wiranto: Proses Hukum Ahok Bergulir, Mari Bersabar!

Reporter: Abdul Aziz
02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Wiranto: Proses Hukum Ahok Bergulir, Mari Bersabar!
Menkopolhukam Wiranto (tengah). ANTARA FOTO/Reno Esnir.
tirto.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meminta masyarakat bersabar terkait proses hukum dugaan penistaan agama yang melibatkan gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Menurut Wiranto, proses hukum dalam kasus itu saat ini sudah lengkap atau P21 dan masuk ke Kejaksaan. “Proses hukum sudah akan bergulir ke pengadilan, mari bersabar,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Purnawirawan Jenderal TNI itu juga menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan ikut campur tangan dalam kasus yang melibatkan Ahok ini. Menurut Wiranto, Presiden Jokowi ingin proses pengadilan Ahok berjalan seadil-adilnya, tanpa intervensi dari pihak manapun.

Selain itu, Wiranto mengatakan, kegiatan doa bersama di silang Monas, Jakarta Pusat merupakan kegiatan yang diikuti peserta dengan jumlah massa luar biasa, namun dapat berlangsung tertib dan aman.

“Ini merupakan kegiatan yang tadinya berupa unjuk kekuatan, tapi dengan komunikasi yang baik antara aparat dengan peserta maka secara mufakat berubah menjadi aksi Super Damai,” ujarnya.
Menurut dia, dengan perubahan itu, maka Presiden Jokowi langsung ke tempat acara aksi doa bersama untuk menunaikan ibadah Jumat bersama.

"Semua saudara kita di seluruh negeri bersama sama memanjatkan doa agar negara kita tertib dan pembangunan berjalan dengan aman. Presiden juga shalat bersama di Monas," katanya.

Ia menyebutkan dalam sambutan, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada mereka yang datang baik dari jauh maupun dekat dan mendengarkan tausiyah.

"Terima kasih kata presiden karena berlangsung tertib dan aman. Setelah itu para jamaah bisa kembali ke tempat masing-masing, ke rumah masing-masing," ujarnya.

Ia menyebutkan suasana masyarakat ketika datang ke Monas juga damai dan datang bukan untuk unjuk rasa tetapi zikir dan doa untuk keselamatan bersama.

"Selain itu dengan hati tulus dan tenteram, menjelang Shalat Jumat, banyak ibu-ibu bagi makanan untuk masyarakat yang berpartisipasi secara langsung. Dan dalam kegiatan aksi ibadah gelar sajadah ini ada keindahan luar biasa," tambahnya.

Sementara itu mengenai adanya sejumlah aktivis yang ditangkap, Wiranto mengatakan Kapolri yang memiliki informasi detil soal itu.

"Saya juga belum tahu apakah Presiden sudah mendapat laporan atau belum," imbuhnya.

Baca juga artikel terkait KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - abd/abd)

Keyword