Wimbledon 2019: Halep Raih Gelar Pertama, Tumbangkan Williams

Oleh: Permadi Suntama - 14 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Simona Halep berhasil meraih gelar juara Wimbledon 2019 mengalahkan Serena Williams.
tirto.id - Simona Halep berhasil meraih gelar Wimbledon pertamanya di nomor tunggal putri, setelah menumbangkan Serena Williams di final dengan skor 6-2 dan 6-2. Bermain di Centre Court, All England Lawn Tenis, London, pada Sabtu (13/7/2019), Halep sukses menumbangkan Williams dalam durasi 59 menit.

Hasil itu pun menjadi gelar turnamen Grand Slam kedua Simona Halep, sekaligus menggagalkan ambisi Serena Williams, untuk meraih trofi Grand Slam ke-24. Hal ini juga menjadi kekalahan Serena Williams dalam 3 final terbaru yang ia jalani, termasuk final Wimbledon 2018 dan 2019.

"Saya selalu diunggulkan untuk menang [dalam 3 final terbaru], tetapi ini keadaan yang berbeda bagi saya. Sepertinya setiap final Grand Slam yang saya ikuti baru-baru ini merupakan upaya yang tidak dapat dipercaya untuk sampai ke sana," kata Serena Williams, dikutip laman WTA.

Ucapan petenis Amerika Serikat itu pun benar adanya, mengingat dirinya sudah 3 kali gagal menang di final dalam turnamen kelas Grand Slam. Padahal, jika mampu memenangi salah satu final, ia akan dinobatkan sebagai tunggal putri dengan gelar Grand Slam terbanyak sepanjang masa.

Sementara di kubu lawan, Simona Halep, yang berhasil meraih gelar Wimbledon di final pertamanya, mengaku senang dengan capaian itu dan menyebut Wimbledon 2019, sebagai turnamen terbaik dalam hidupnya sejauh ini.

Dilansir BBC, petenis berkebangsaan Rumania itu menyebut fokus kepada permainan menjadi kunci dirinya meraih kemenangan. Tunggal putri peringkat 7 WTA itu pun mengaku dirinya tak memikirkan nama besar Serena Williams, agar dapat bermain bagus.

"Aku sangat yakin itu adalah pertandingan terbaik dalam hidupku. Saya memutuskan sebelum pertandingan bahwa saya akan fokus pada diri saya sendiri dan pada final Grand Slam, bukan pada dia [Serena Williams]. Itulah sebabnya saya bisa bermain sebaik mungkin, untuk rileks, dan untuk bisa menjadi positif dan percaya diri [dalam pertandingan],” tutur Simona Halep, dikutip BBC.

Penampilan apiknya pun mendapat pujian dari sang lawan, Serena Williams, yang menyebut Selena Halep, tampil tanpa celah di final. Selain itu, petenis Amerika Serikat itu pun mengakui bahwa dirinya bermain di bawah standar dan melakukan terlalu banyak kesalahan.

"Dia hanya bermain bagus. Jadi, tidak mengherankan bagi siapa pun [selalu] bermain bagus melawan saya. Saya hanya mencoba hal-hal yang berbeda [di lapangan]. Hari ini tidak ada yang benar-benar membantu, tetapi saya juga membuat terlalu banyak kesalahan,” pungkas peraih 7 gelar Wimbledon tersebut.


Baca juga artikel terkait WIMBLEDON 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Agung DH
Kontributor: Permadi Suntama