When The Camellia Blooms Jadi Drama dengan Rating Tertinggi 2019

Kontributor: Maria Ulfa - 22 Nov 2019 12:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Drama Korea When The Camellia Blooms raih rating tertinggi di TV nasional tahun 2019.
tirto.id - Drama When The Camellia Blooms di KBS2 baru saja menayangkan episode terakhirnya pada Kamis (21/11/2019). Drama yang dibintangi oleh Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul tersebut menjadi drama mingguan (miniseries) yang tayang di TV nasional dengan rating tertinggi sepanjang tahun 2019.

Dikutip dari Nielsen Korea, When The Camellia Blooms episode 39 dan 40 yang tayang tadi malam berhasil memperoleh rating rata-rata sebesar 19,7 persen dan 23,8 persen untuk masing-masing episode secara nasional.

Sementara untuk wilayah metropolitan Seoul, episode final When The Camellia Blooms tersebut memperoleh rating rata-rata sebesar 24,9 persen dan 20,8 persen.

Tidak hanya meraih rating personal tertinggi, karena dengan mudah melampaui rekor rating pada episode sebelumnya yang sebesar 20,7 persen, rating pada episode final tersebut juga menetapkan rekor baru sebagai drama dengan rating tertinggi untuk drama miniseries yang ditayangkan di TV nasional (MBC, KBS, SBS) pada tahun 2019, demikian seperti dikutip Soompi.

Di sisi lain, sejauh ini, drama miniseries yang tercatat sebagai drama dengan rating tertinggi di TV kabel adalah SKY Castle yang tayang di JTBC.

Episode terakhir drama SKY Castle yang tayang pada 1 Februari 2019 berhasil mencatat rekor dengan rating rata-rata sebesar 23,8 persen. Padahal, pada penayangan episode pertamanya, drama ini hanya mencatat rating sebesar 1,7 persen.

Bukan hanya menjadi drama dengan rating tertinggi tahun 2019 di TV kabel, SKY Castle juga menjadi drama dengan rating tertinggi dalam sejarah TV kabel. Yang mana, SKY Castle berhasil mengalahkan rating drama Goblin (tvN) yang berhasil mencetak rating 20,5 persen pada awal 2017 lalu.

Saat itu, Goblin berhasil memecahkan rekor rating TV kabel selama 22 tahun, dan dua tahun kemudian, rekor Goblin mampu dipecahkan oleh drama SKY Castle. Untuk saat ini, 3 besar drama TV kabel dengan rating tertinggi adalah SKY Castle, Goblin dan Reply 1988. Yang mana, Reply 1988 mampu meraih rating rata-rata 18,8 persen pada penayangan episode terakhirnya pada awal 2016 lalu.

Pada episode final When The Camellia Blooms, Joker yang asli akhirnya terkuak. Polisi sendiri telah menangkap ayah Park Heung Sik, Park Seok Young yang selama ini diduga sebagai pelaku pembunuhan berantai, Joker.

Akan tetapi, Hwang Yong Shik akhirnya menemukan fakta lainnya, bahwa Joker yang sebenarnya bukanlah Seok Young, melainkan Heung Sik. Selama ini, Seok Young hanya dimanfaatkan oleh Heung Sik untuk membantunya menyelesaikan setiap aksi pembunuhan yang ia lakukan. Bahkan, Heung Sik juga sengaja membuat ayahnya tersebut tertangkap oleh polisi.

Akan tetapi, tak beberapa lama kemudian, Heung Sik berhasil ditangkap oleh Dong Baek dan juga ibu-ibu Ongsan yang lain. Sebab, Dong Baek juga mulai menyadari bahwa Heung Sik adalah Joker, orang yang telah membunuh temannya, Hyang Mi dan Geum Ok.

Sementara Jo Jung Seok akhirnya berhasil menjalani operasi ginjal dan ia kembali sehat sehingga bisa menjalani hari-harinya bersama Dong Baek dan Kang Pil Gu. Di sisi lain, hubungan antara Dong Baek dan Yong Shik akhirnya membaik dan keduanya setuju untuk kembali berkencan hingga akhirnya menikah.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight