WhatsApp Mulai Blokir Pengguna Aplikasi GBWhatsApp

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 2 Mei 2019
Selain GBWhatsApp, WhatsAppPlus merupakan salah satu contoh aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi oleh pihak ketiga.
tirto.id - WhatsApp, platform pesan instan milik Facebook, mulai memblokir sementara akun penggunanya yang kedapatan menggunakan aplikasi pihak ketiga modifikasi, salah satunya GBWhatsApp.

Mengenai GBWhatsApp, merupakan aplikasi identik dengan WhatsApp, yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, atau lebih populer dengan istilah WhatsApp Mod. Sejumlah pengguna yang menggunakan aplikasi Mod ini melaporkan akunnya telah diblokir sementara.

"Hey @WABEtaInfo, WhatsApp kini memblokir sementara aplikasi GBWhatsApp. Ini peringatan [bagi pengguna aplikasi GBWhatsApp]," tulis pengguna @Anandaji128 di lini masa, Selasa (30/4/2019).

Dalam twitnya, @Anandaji128 juga menunggah tangkap gambar berisi peringatan dari WhatsApp terkait pemblokiran tersebut, yang akan berakhir dalam 9 jam.

"Akun [WhatsApp] Anda sementara diblokir karena Anda telah melanggar ketentuan layanan kami. Anda akan dapat menggunakan layanan WhatsApp kembali dalam 9 jam," bunyi peringatan tersebut.

Melansir laman Techweez, Kamis (2/5/2019), WhatsApp memang secara tak langsung melarang GBWhatsApp. Namun, bila melihat Ketentuan Layanan WhatsApp, aplikasi GBWhatsApp jelas melanggarnya.

"Kami memiliki hak cipta, merek dagang, domain, logo [...] paten, dan hak kekayaan intelektual lainnya yang terkait dengan Layanan kami. Anda tidak boleh menggunakannya [...] kecuali memiliki izin tertulis dari kami," bunyi Ketentuan Layanan WhatsApp tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp pada Maret lalu telah memperingatkan penggunanya agar tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, merujuk pada aplikasi Mod.

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi ini [Mod] lantaran kami tidak dapat memvalidasi keamanan mereka. Jika ini masalahnya, Anda harus mengunduh aplikasi resmi untuk terus menggunakan WhatsApp," tulis WhasApp di laman FAQ.

Mengenai aplikasi yang dipersoalkan, termasuk WhatsAppPlus, menawarkan sejumlah fitur yang tak diakomodir oleh aplikasi WhatsApp resmi.

Fitur-fitur tersebut seperti utak-atik tema, kapasitas kirim berkas lebih besar, mengganti jenis huruf atau font, menyembunyikan tombol mikrofon, dan masih banyak lagi.

Sekadar diketahui, aplikasi WhatsApp Mod ini cukup mudah ditemukan di internet dan dapat diunduh gratis.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight