Pemilu 2019

Warga TPS Badung Bali Kenakan Kostum Superhero Saat Nyoblos

Oleh: Yulaika Ramadhani - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
"Saya memakai kostum pahlawan super ini untuk menarik warga lainnya agar mau datang ke TPS," ujar I Gusti Ketut Arsa
tirto.id - Sejumlah warga mengenakan kostum pahlawan super saat mencoblos di TPS 10 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (17/4/2019).

Warga menyatakan kostum ini ditujukan untuk menarik warga agar mau berpartisipasi ke TPS.

"Saya memakai kostum pahlawan super ini untuk menarik warga lainnya agar mau datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya," ujar I Gusti Ketut Arsa Wijaya, warga yang mengenakan kostum karakter Thor di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, dengan mengenakan kostum tersebut, dirinya ingin membuat warga yang ada di TPS merasa senang dan bergembira menyambut pesta demokrasi ini.

"Banyak pemilih yang datang mengajak anak-anaknya. Mereka senang bisa bermain dengan saya sembari menunggu orang tuanya menyalurkan hak suara," katanya.

Ia mengaku, dirinya tidak mengalami kesulitan ketika proses pencoblosan dengan mengenakan kostum pahlawan super itu.

"Memang geraknya sedikit lebih sulit. Cuma itu sama sekali tidak mengganggu saya ketika mencoblos," ujarnya.

Selain warga yang mengenakan kostum superhero. Di TPS tersebut juga dihias dengan patung-patung tokoh superhero lain seperti Superman, Spiderman, Thor, Iron Man, Deadpool, Captain Marvel, Black Widow dan Captain America.

"Pemasangan patung-patung tokoh superhero ini memang salah satu upaya kami untuk menarik minat warga datang ke TPS," ujar Ketua KPPS setempat, Ni Putu Indrayati.

Ia menjelaskan, dengan dekorasi TPS seperti itu, warga yang menggunakan hak pilihnya juga dapat merasa senang dan gembira selama ada di TPS.

"Ditambah mereka yang datang ke TPS dengan kostum superhero, mereka juga sebagai penggembira semakin membuat suasana meriah. Ini pesta demokrasi, pestanya rakyat, semua harus gembira," katanya.


KPU akan menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani