Pemilu 2019: Tutut Soeharto Coblos di TPS 02 Gondangdia

Oleh: Yantina Debora - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mengenakan pakaian serba kuning, Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana atau Tutut Soeharto coblos di TPS 02 Gondangdia.
tirto.id - Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana atau Tutut Soeharto tiba di TPS 02 Gondangdia pada pukul 8.47 WIB untuk menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Anak pertama mantan presiden Soeharto dan Siti Hartinah ini mengenakan pakaian, mulai dari jilbab dan baju panjang, serba kuning.

Sebelum masuk TPS, perempuan yang biasa disapa Tutut itu menanyakan, "Semalam bisa tidur?" kepada para wartawan. Ketika ditanya balik, Tutut menjawab, "Antara iya dan tidak."

Tutut datang bersama keluarganya. Setibanya di TPS, Tutut mendaftar dan duduk di kursi antrean.

Lima anak mantan Presiden Soeharto terdaftar sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Gondangdia. Kelimanya antara lain Hutomo Mandala Putra, Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana, Siti Hediati Hariyadi, Siti Hutami Endang Adiningsih.

TPS ini berlokasi di Jalan Cendana Nomor 31, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Lokasinya dekat dengan rumah mantan Presiden Soeharto. Di TPS ini, ada 288 DPT.

Selain Keluarga Cendana, pengusaha Chairul Tanjung, pengusaha Hartati Murdaya, politikus Rizal Malarangeng, dan eks Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo masuk DPT TPS ini.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Reporter: Husein Abdulsalam
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora