Waktu Terbaik Membuat Kimchi Asinan Khas Korea yang Kaya Manfaat

Oleh: Maya Saputri - 22 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Hari ini Google doodle merayakan Kimchi bertepatan dengan "Kimchi Day" di Korea yang jatuh pada hari ini, 22 November.
tirto.id - Hari ini Google doodle merayakan Kimchi bertepatan dengan "Kimchi Day" di Korea yang jatuh pada hari ini, 22 November. Menurut penelitian lokal, pada tanggal ini bila membuat kimchi maka rasanya akan lebih lezat.

Dikutip dari Wikipedia, makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Masakan Korea yang telah dikenal dunia, salah satunya Kimchi, ternyata ada waktu tertentu untuk membuat asinan sayur ini demi mendapatkan rasa terenak. Hari Kimchi yang tepat jatuh hari ini di Korea berkaitan dengan tradisi membuat kimchi atau yang biasa disebut Kimjang.

Jadi Kimjang ini biasanya dilakukan selama November dan Desember untuk mendapatkan rasa yang paling maksimal, seperti dikutip dari Mashable. Biasanya pembuatan kimchi dibuat dalam jumlah besar pada bulan-bulan tersebut untuk keperluan musim dingin.

Saat Kimjang, anggota keluarga dan tetangga saling berkumpul di dapur masing-masing untuk memasak bersama, dan berbagi cerita dan resep.

Kol biasanya paling sering dijadikan bahan baku utama Kimchi. Kol difermentasi dengan campuran bawang putih, kecap ikan, bubuk paprika merah, tepung beras, garam, jahe, lobak, hingga wortel.

Cara membuat Kimchi ini, pertama, diawetkan dengan memotongnya menjadi potongan yang lebih kecil. Lalu kol direndam dengan air garam semalaman. Kemudian lobak dilumuri bubuk cabai (yangnyum) dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang, daun sawi, jahe, bawang putih, udang fermentasi atau ikan teri. Kol dicampur dengan yangyum dan disimpan di tempat khusus.

Warga Korea menyimpan kimchi yang telah difermentasi dalam onggi atau pot tanah liat. Setelah disimpan dalam jangka waktu tertentu, kimchi sudah dapat dinikmati sebagai pelengkap makanan di Korea.

Kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600-3.000 tahun yang lalu, dan pada abad ke-18, pertama kali dibuat dengan cabai. Karena berbagai resep daerah, ada ratusan jenis kimchi yang berbeda.

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker.

Tak heran, kimchi menjadi salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO dan hari ini Google mengabadikannya dalam doodle.

Baca juga: Apa Istimewanya Kimchi Jadi Google Doodle Hari Ini?

Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri