Virginie Viard Ditunjuk Chanel Sebagai Penerus Karl Lagerfeld

Oleh: Fahlemi Faradela - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Chanel memilih Viard karena wanita ini telah berkolaborasi selama lebih dari 30 tahun dengan Karl Lagerfeld.
tirto.id - Chanel menunjuk Virginie Viard sebagai direktur kreatif baru pada merek tersebut menggantikan Karl Lagerfeld. Berita ini memberikan jawaban dari tanda tanya besar para pencinta fesyen.

Chanel memilih Viard karena wanita ini telah berkolaborasi selama lebih dari 30 tahun dengan Karl Lagerfeld, demikian menurut pernyataan rumah mode Perancis itu setelah berpulangnya desainer legendaris pada Selasa (19/2/2019).

Langkah itu meredam spekulasi apakah Chanel akan mencari nama besar lain untuk menggantikan Lagerfeld. Ada beberapa kandidat yang digadang-gadang akan menjadi penerus Lagerfeld termasuk Hedi Slimane yang saat ini bergabung di Celine, Phoebe Philo dan Alber Elbaz mantan perancang Lanvin.

Harapannya di tangan Viard, Chanel memasuki era baru dengan desain baru. Era yang kemungkinan akan terasa segar. Viard dikenal sebagai "wanita tangan kanan Karl".

Viard bergabung dengan Chanel pada tahun 1987 sebagai anak magang, hanya beberapa tahun setelah Lagerfeld mengambil kendali brand ternama dunia ini.

In Style mewartakan, keduanya menjalin ikatan profesional yang menghidupkan kembali warisan Chanel sebagai merek internasional terkemuka. Lagerfeld yang membuat sketsa desain dan Viard yang menghidupkannya. Keahlian Viard dalam memilih kain dan jahitan diakui luar biasa.

Selain itu setelah bekerja sama dengan Chanel, Viard pernah berkolaborasi bersama Lagerfeld di Chloe pada 1992, di mana dia juga menjadi kepala desainer dan bekerja selama lima tahun sebelum kembali ke Chanel dan bekerja keras untuk menjadi direktur studio desain mode perusahaan.

Lagerfeld pernah menyebutkan dalam sebuah film dokumenter milik Netflix pada 2008, Viard adalah orang yang paling penting, tidak hanya untuk dirinya tapi untuk segalanya.

"Dia adalah tangan kanan saya, bahkan jika saya tidak melihatnya kita sering telpon sepanjang waktu," ujar Lagerfeld, seperti dikutip Business of Fashion.

Selain itu hubungan Viard dan Lagerfeld melebihi urusan pakaian. Lagerfeld juga mengaku pada Elle tahun lalu, hubungan mereka sangat penting, dua kali lipat dari persahabatan dan kasih sayang yang sangat nyata.

Pertimbangan-pertimbangan itu yang membuat keluarga miliarder Wertheimer, menentukan kesinambungan Chanel dengan menunjuk Viard, agar warisan Gabrielle Chanel dan Karl Lagerfeld dapat terus hidup.


Baca juga artikel terkait FASHION atau tulisan menarik lainnya Fahlemi Faradela
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Fahlemi Faradela
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight