Periksa Fakta

Video Pembacaan Al-Qur'an Bukan Bagian Pembukaan Piala Dunia

Penulis: Irma Garnesia, tirto.id - 23 Nov 2022 13:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tersebar video yang diklaim menunjukkan pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar dengan pembacaan Al-Qur'an.
tirto.id - Acara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 dilaksanakan pada Minggu, 20 November 2022 di Stadion Al-Bayt, Al-Khor. Tema pembukaan adalah menyatukan umat manusia, menjembatani perbedaan lewat kemanusiaan, penghormatan, dan inklusi.

Dalam pembukaan sendiri, anggota grup band Korea Selatan BTS, Jungkook, berduet dengan penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi membawakan lagu berjudul "Dreamers", salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022.

Bendera peserta dan jersey kebesaran dari 32 tim juga ditampilkan di acara pembuka. Selain itu secara berurutan ditampilkan lagu tema Piala Dunia terdahulu, sejak 1998, di antaranya La Copa De La Vida, berlanjut dengan lagu tema Piala Dunia 2022 yang berjudul "Hayya Hayya".

Di tengah ramainya pembukaan, beberapa pengguna media sosial membagikan video yang diklaim menunjukkan pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar dengan pembacaan Al-Qur'an, termasuk cuitan akun bernama @Bob_cart124 pada
19 November 2022. Cuitan ini telah menjadi viral dan disukai sebanyak 22,9 ribu kali dan mendapat 5.454 retweet per 23 November.

Perlu diketahui bahwa Ghanim Al Muftah, yang juga ambassador Piala Dunia tahun ini, memang membacakan ayat suci Al-Qur'an pada pembukaan Piala Dunia tahun ini, dinukil dari media Saudi Arabia Khaleej Times dan bisa pula dilihat di video lengkap acara pembukaan Piala Dunia.

Namun, apakah video yang beredar memang benar menunjukkan Al Muftah, ataukah video lain yang tak berhubungan?

Infografik Periksa Fakta Stadion Al-Thumama
Infografik Periksa Fakta Stadion Al-Thumama. tirto.id/Fuad



Sumber:
Akun Instagram @yallakora
FIFA
Siasat.com


Baca juga artikel terkait MILD REPORT atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Mild Report)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Farida Susanty

DarkLight