Verizon Umumkan Jual Tumblr ke Pemilik WordPress

Oleh: Risma Ayu Anggraini Anantasari - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Verizon resmi telah menjual Tumblr ke perusahaan di belakang WordPress.
tirto.id - Perusahaan produk telekomunikasi, Verizon mengumumkan bahwa mereka telah menjual platform blogging Tumblr ke Automattic, perusahaan di belakang WordPress, pada Selasa (13/8/2019).

The Wall Street Journal mengatakan transaksi tersebut bernilai kurang dari 3 juta dolar AS, meskipun Tumblr pernah diakuisisi oleh Yahoo sebesar 1,1 miliar dolar AS. Demikian sebagaimana dilansir laman 9to5mac.

Kesepakatan jumlah nominal tidak dijelaskan secara rinci. Hanya saja harga tersebut berbeda jika dibandingkan dengan harga yang diminta pada mulanya, tiap artikel di The Well Street Journal.

Verizon dikatakan telah membahas penjualan Tumblr dengan beberapa perusahaan tetapi akhirnya mendarat di Automattic. Sebagian dari kesepakatan, perusahaan akan mengambil 200 staf Tumblr.

Tumblr yang sempat berada di posisi terpanas selama intervensi 5 tahun belakangan ini, seperti Facebook, Instagram, Reddit dan sejenisnya memilih untuk keluar dari Tumblr. Berita Verizon yang mencari pemilik baru untuk situs Tumblr ini tidak lagi mengejutkan sejak Bulan Mei lalu.

Dilansir dari Techcrunch, Sersor Tower mengungkapkan aplikasi seluler Tumblr ini turun 33 persen tiap tahun kuartal terakhir, bagi pengguna Tumblr yang baru pertama kali menggunakan.

Yahoo awalnya mengakuisisi Tumblr pada 2013 dengan sebesar 1,1 miliar dolar AS. Dari sana, Yahoo diakuisisi oleh Verizon pada 2017 dan ditempatkan di bawah anak perusahaan.

Penjualan Tumblr datang ketika Verizon berencana untuk memperbaiki grup medianya yang sedang kesulitan, yang menampung properti - properti termasuk TechCrunch, Huffington Post, Engadget, dan banyak lagi.

Untuk Q2 2018, Verizon Media Group sebelumnya menghasilkan pendapatan 1,8 miliar dolar AS lalu turun 2,9 persen.

Saat itu, Verizon merinci rencananya untuk fokus pada berita, keuangan, olahraga, hiburan, dan produk surat.

Desember lalu Tumblr mengumumkan rencana untuk menghapus semua konten dewasa setelah dihapus dari App Store. Larangan itu adalah rencana Automattic untuk tetap berlaku.

Akuisisi Tumblr adalah yang terbesar dalam hal harga dan jumlah kepala untuk Automattic, Kepala Eksekutif perusahaan Matt Mullenweg mengatakan perusahaannya bermaksud untuk mempertahankan kebijakan yang melarang konten dewasa.

Dia mengatakan telah lama menjadi pengguna Tumblr dan melihat situs tersebut sebagai pelengkap untuk WordPress.com.

CEO Automattic Matt Mullenweg mengatakan bahwa Tumblr ialah tempat penting untuk mereka yang ingin berbagi ide, budaya, dan pengalaman baru, sehingga Tumblr menjadi salah satu merek Web paling ikonik.

Hadirnya Tumblr juga membantu jutaan orang menciptakan dan membangun komunitas yang memiliki minat sama.

Ia juga mengungkapkan rasa senangnya, karena telah menambah Tumblr pada jajarannya, sama seperti WordPress.com, WooCommerce, Jetpack, Simplenote, Longreads, dan banyak lagi. Ia berharap, kedepan WordPress.com dan Tumblr dapat berbagi layanan dan fungsionalitas.

Tumblr terbukti tidak cocok untuk Yahoo karena akusisi terbesar Yahoo yang hanya bertahan setengan dekade dan dianggap cocok dengan Automattic sebagai salah satu alat penerbitan paling populer di internet, bersama dengan Jetpack dan Simplenote.

Kini Automattic berbagi visi untuk membangun komunitas dengan mereka yang memiliki minat sama dan mendemokrasikan penerbitan di Tumblr hingga siapa pun yang memiliki cerita dapat menceritakannya, terutama bagi komunitas terpinggir.

CEO Media Varizon Guru Gowrappan menyatakan bahwa penguman hari ini menjadi puncak dari proses yang bijaksana. Tumblr kini menjadi rumah untuk ide kreatif berkembang.

Mereka merasa bangga dengan apa yang telah dicapai tim dan merasa senang telah menemukan mitra sempurna seperti Automattic yang memiliki rekam jejak baik dan akan membuka kemungkinan baru dan menarik bagi pengguna Tumblr.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Risma Ayu Anggraini Anantasari
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Risma Ayu Anggraini Anantasari
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Risma Ayu Anggraini Anantasari
DarkLight