Urutan Nonton Film Harry Potter Sampai The Secrets of Dumbledore

Kontributor: Fadhillah Akbar Zakaria, tirto.id - 26 Jul 2022 12:32 WIB
Dibaca Normal 5 menit
Berikut adalah urutan film Harry Potter karya J.K. Rowling hingga yang terakhir, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore.
tirto.id - Harry Potter adalah suatu film yang mengangkat kisah tentang sihir. Film Harry Potter merupakan film yang diangkat berdasarkan novel berjudul sama karya J.K. Rowling, yang hingga saat ini sudah terjual diangka 500 juta copy.

Film Harry Potter mengawali debutnya pada tahun 2001 melalui film Harry Potter and The Sorcerer's Stone. Film ini menceritakan tentang Harry Potter yang diperankan oleh Daniel Radcliffe.

Setelah kesuksesan film pertama tersebut, film Harry Potter terus membuat sekuel dari film tersebut hingga terdapat 7 sekuel film lain.


Cerita yang diawali dari serial buku tersebut pada akhirnya terus berkembang dan menjadi waralaba besar yaitu The Wizarding World.

Waralaba film ini terdiri dari delapan film dengan buku terakhir dibagi menjadi dua bagian. Cerita pun ditambah dengan seri Fantastic Beasts, yang menjadi prekuel dari seri film Harry Potter, sehingga total film Harry Potter memiliki 11 seri.

Harry Potter secara global merilis film prekuel Fantastic Beast and Where To Find Them pada tahun 2016. Film ini berlatar tahun 1926 dan dibintangi oleh Eddie Redmayne sebagai Newt Scarmander.

2 film prekuel lain yang dirilis adalah Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald dan Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore.

Urutan Film Harry Potter Berdasarkan Kronologi Cerita


Berikut adalah urutan film Harry Potter berdasarkan kronologi ceritanya, sesuai karya J.K. Rowling:

1. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)

Berlatar tahun 1926, Newt Scamander (Eddie Redmayne) baru saja menyelesaikan perjalanan global untuk menemukan dan mendokumentasikan berbagai makhluk ajaib yang luar biasa. Dia melakukan perjalanan menuju New York dan membawa koper berisi hewan langka.

Sesampainya di New York untuk singgah, koper Newt tertukar dengan koper milik penyihir lain yaitu Gellert Grindelwald (Johnny Depp).

Kawanan hewan langka dari koper tersebut mulai berkeliaran, di sisi lain Newt justru tertangkap oleh Tina (Katherine Waterston) yang merupakan Aurora MACUSA.

2. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018)

Gellert Grindelwald yang merupakan tokoh jahat di dunia sihir, berhasil meloloskan diri dari perjalanannya menuju persidangannya di Inggris.

Grindelwald berencana untuk membesarkan penyihir darah murni untuk memerintah semua makhluk non-sihir.

Dalam upaya untuk menggagalkan rencana Grindelwald, Albus Dumbledore (Jude Law) meminta bantuan mantan muridnya yaitu Newt Scamander.

Dalam pengejaran tersebut, bahaya yang dihadapkan sangat besar. Pada momen ini, Newt diuji oleh cinta, kesetiaan, teman, dan juga keluarga.



3. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (2022)

Pada 1932 di Bhutan, Newt Scamander membantu Qilin melahirkan. Qilin sendiri merupakan makhluk ajaib yang bisa melihat ke dalam jiwa seseorang dan juga masa depan.

Pada saat yang sama, grup yang dipimpin Credence Barebone selaku pesuruh Gellert Grindelwald menyerang dan membunuh para ibu kemudian menculik bayi yang baru lahir.

Hal itu terjadi pula pada Qilin, ia dibunuh agar Grindelwald bisa memanfaatkan keistimewaannya.

Akan tetapi, tanpa sepengetahuan mereka, Qilin melahirkan dua anak kembar yang bisa diselamatkan oleh Newt.

Albus Dumbledore telah mengetahui bahwa Gellert Grindelwald merupakan penyihir gelap yang kuat dan bergerak untuk menguasai dunia sihir.

Akan tetapi, Albus Dumbledore yang ingin menggagalkan rencana Grindelwald untuk menguasai dunia tidak bisa berperang sebab adanya perjanjian darah.

Dumbledore akhirnya merekrut Newt, saudaranya, Theseus, profesor Mantra Ilvermorny Eulalie "Lally" Hicks, Yusuf Kama, penyihir Senegal-Prancis, dan No-Maj Jacob Kowalski.

4. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)

Film ini adalah adaptasi pertama dari novel anak-anak populer karya J.K. Rowling tentang Harry Potter. Harry adalah seorang anak laki-laki yatim piatu berusia 11 tahun dari dua penyihir yang kuat dan memiliki kekuatan magis yang unik.

Harry akhirnya menjadi siswa disalah satu sekolah sihir bernama Hogwarts. Di sana, dia bertemu dengan teman baru yaitu Ron (Rupert Grint) dan Hermione (Emma Watson) yang membantunya untuk menemukan kebenaran dari kematian misterius kedua orang tuanya.

5. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)

Harry Potter dan teman-temannya, Ron dan Hermione, menghadapi tantangan baru selama tahun kedua mereka di Sekolah Sihir Hogwarts.

Saat ini, mereka mencoba menemukan kekuatan gelap yang meneror sekolah, terutama bahaya akan bangkitnya Voldemort.

Pada saat libur musim panas, Harry dilarang oleh peri rumah yaitu Dobby untuk kembali ke Hogwarts, yang menyebabkan paman Harry mengurungnya. Namun, Harry berhasil kabur berkat bantuan dari Ron, Fred, dan Weasley.

Saat kembali masuk ke sekolah, Harry kembali menjadi Seeker dalam sebuah permainan dan berhadapan dengan Draco yang juga menjadi Seeker.

Harry berhasil membawa kemenangan bagi Griffindor tapi harus terluka karena Bludger yang dimantrai untuk mengejarnya.

Tidak lama berselang, Harry melihat seorang profesor membawa seorang yang telah beku, dan mengatakan tentang penyerangan. Sejak saat itulah Harry sering kali mendengar suara aneh dari balik dinding.



6. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Tahun ketiga Harry di Hogwarts dimulai dengan buruk ketika dia mengetahui pembunuh gila Sirius Black (Gary Oldman) telah melarikan diri dari penjara Azkaban. Sirius Black memiliki rencana untuk membunuh penyihir remaja.

Di sisi lain, terjadi keretakan di antara ketiga sahabat tersebut karena kucing Hermione menyiksa tikus Ron yang sakit-sakitan.

Pada saat itu pula datang segerombolan Dementor jahat yang dikirim untuk melindungi sekolah dari Sirius Black.

Datang pula seorang guru baru yang misterius membantu Harry belajar membela diri, tetapi apa ikatan rahasianya dengan Sirius Black?

7. Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)

Tahun keempat Harry di Hogwarts akan segera dimulai dan dia sedang menikmati liburan musim panas bersama teman-temannya.

Mereka mendapatkan tiket ke Final Piala Dunia Quidditch, tetapi setelah pertandingan selesai, orang-orang yang berpakaian seperti Voldemort (Ralph Fiennes) membakar semua tenda pengunjung, ditambah dengan munculnya simbol Voldemort.

Tanda Kegelapan di langit muncul dan menyebabkan kehebohan di seluruh komunitas sihir.

Pada tahun yang sama, Hogwarts menyelenggarakan Turnamen Triwizard, yaitu sebuah turnamen magis antara tiga sekolah sihir terkenal: Hogwarts, Beauxbatons, dan Durmstrang.

Para kontestan harus berusia di atas tujuh belas tahun, dan dipilih oleh benda ajaib yang disebut Goblet of Fire.

Namun, pada malam pemilihan, Piala mengeluarkan empat nama, bukan tiga seperti biasanya, dengan Harry tanpa disadari terpilih sebagai Juara Keempat.

Karena sihir tidak dapat dibatalkan, Harry terpaksa mengikutinya dan berani menghadapi tiga tugas yang sangat sulit.



8. Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)

Sekarang di tahun kelimanya di Hogwarts, Harry mengetahui bahwa banyak orang di komunitas sihir tidak mengetahui kebenaran pertemuannya dengan Lord Voldemort.

Cornelius Fudge, menteri Sihir, menunjuk kodoknya, Dolores Umbridge, sebagai guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam.

Fudge melakukan hal tersebut karena dia takut profesor Dumbledore akan mengambil pekerjaannya.

Akan tetapi pengajarannya kurang dan metodenya kejam, jadi Harry mempersiapkan sekelompok siswa untuk mempertahankan sekolah dari gelombang kejahatan yang meningkat.

9. Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)

Saat Pelahap Maut mendatangkan malapetaka di dunia Muggle dan Penyihir, Hogwarts tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi siswa.

Harry mencurigai ada bahaya baru yang mengintai di dalam dinding kastil. Akan tetapi, Dumbledore lebih berniat mempersiapkan penyihir muda untuk pertempuran terakhir dengan Voldemort.

Sementara itu, hormon remaja merajalela di Hogwarts, menghadirkan jenis bahaya yang berbeda. Cinta mungkin ada di udara, tetapi tragedi membayangi, dan Hogwarts mungkin tidak akan pernah sama lagi.

10. Harry Potter and The Deathly Hallows - Part 1 (2010)

Tanpa bimbingan dan perlindungan profesor mereka, Harry, Ron, dan Hermione memulai misi untuk menghancurkan Horcrux, sumber keabadian Voldemort.

Meskipun mereka harus mengandalkan satu sama lain lebih dari sebelumnya, kekuatan gelap mengancam untuk menghancurkan mereka.

Pelahap Maut Voldemort telah menguasai Kementerian Sihir dan Hogwarts, dan mereka mencari Harry bahkan saat dia dan teman-temannya bersiap untuk pertarungan terakhir.

Saat Harry, Ron, dan Hermione berpacu dengan waktu dan kejahatan untuk menghancurkan Horcrux, mereka mengungkap keberadaan tiga objek paling kuat di dunia sihir, The Deathly Hallows.

11. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2 (2011)

Bentrokan antara kebaikan dan kejahatan menanti saat Harry muda, Ron, dan Hermione bersiap untuk pertempuran terakhir melawan Lord Voldemort. Harry telah tumbuh menjadi anak baja dalam misi untuk membersihkan dunia dari kejahatan.

Teman-teman harus mencari Horcrux yang membuat penyihir pengecut itu tetap abadi. Harry dan Voldemort bertemu di Kastil Hogwarts untuk pertarungan epik di mana kekuatan kegelapan akhirnya bisa bertemu lawan mereka.

Sementara itu, berikut ini adalah urutan nonton film Harry Potter berdasarkan tahun rilisnya:

  1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)
  2. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)
  3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)
  4. Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)
  5. Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)
  6. Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)
  7. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 1 (2010)
  8. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2 (2011)
  9. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)
  10. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018)
  11. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (2022)


Baca juga artikel terkait HARRY POTTER atau tulisan menarik lainnya Fadhillah Akbar Zakaria
(tirto.id - Film)

Kontributor: Fadhillah Akbar Zakaria
Penulis: Fadhillah Akbar Zakaria
Editor: Maria Ulfa

DarkLight