Update Kuota Gratis Kemendikbud: Masuk Tahap Verifikasi & Validasi

Oleh: Yantina Debora - 17 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Update terbaru bantuan kuota internet gratis Kemendikbud bagi siswa, guru, dosen dan mahasiswa selama September - Desember 2020.
tirto.id - Program kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen memasuki tahap verifikasi dan validasi nomor telepon seluler (ponsel).

Hingga saat ini, dari jumlah 44 juta siswa yang terdaftar di Dapodik Kemendikbud, data nomor ponsel yang dinyatakan telah sesuai format sebanyak 55,2 persen atau 24,7 juta nomor.

Proses itu juga bersamaan dengan verifikasi yang dilakukan oleh provider dari 24,7 juta nomor tersebut, sebanyak 57,3 persen dinyatakan sebagai nomor aktif.

Sementara untuk bantuan kuota pada jenjang pendidikan tinggi, sejauh ini sebanyak 5,1 juta nomor dari total jumlah mahasiswa 8 juta-an mahasiswa aktif telah didata dan sedang dalam proses verifikasi dan validasi.

Untuk dosen, data terakhir mencapai 259.000 nomor telah masuk dan sedang dalam proses yang sama.

"Tanggal 11 September kemarin adalah 'cut off' pertama yang sudah valid diisi pulsa. Pengisian nomor jalan terus dan yang mengisi data setelah 11 September akan 'cut off' pada 28 September," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Kepala BKHM) Kemendikbud Evy Mulyani.

"Jadi, jika ada yang belum mendapatkan pulsa pada tahap pertama akan mendapatkan pada tahap berikutnya."

Program subsidi kuota internet gratis untuk siswa dan guru maupun mahasiswa dan dosen ini akan berlangsung selama empat bulan yakni September hingga Desember 2020.

Subsidi kuota internet gratis untuk siswa sebesar 35 GB per bulan, untuk guru sebesar 42 GB per bulan, untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,2 triliun yang diperuntukkan bagi subsidi kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen tersebut.

Masih Bisa Daftar Kuota Gratis Kemendikbud


Meski telah memasuki tahap verifikasi dan validasi data nomor ponsel, Kemdikbud mengumumkan bahwa pihak sekolah masih bisa menginput data nomor ponsel siswa.

Hal ini terkait dengan sekolah yang mungkin mengalami kendala dan melewati masa tenggat, sehingga seluruh guru, siswa, mahasiswa dan dosen dapat mengakses kuota gratis ini.

Berikut ini tata cara menginput data nomor ponsel untuk anak didik tingkat PAUD, sekolah dasar, dan sekolah menengah.

1. Ketika mencantumkan nomor telepon seluler (ponsel), kepala sekolah juga turut mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik. Setelahnya, kepala sekolah pun harus mengisi akta pakta integritas.

2. Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor tersebut sesuai dengan provider masing-masing untuk diisi paket kuota data. Bagi yang baru memiliki nomor ponsel juga tetap dapat didata oleh sekolah.

3. Nomor baru juga boleh dimasukkan untuk diberi pulsa kuota. Bagi yang belum tercantum pada tahap pertama ini bisa punya peluang untuk masuk ke tahap berikutnya.

Para tenaga pendidik dapat mengunduh aplikasi Dapodik melalui tautan ini https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Sementara itu, panduan pengisian data di aplikasi Dapodik Versi 2021 bisa dicek melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait KUOTA GRATIS atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight