Menuju konten utama

Ultah ke-9, Tokopedia Telah Jangkau 93% Kecamatan di Indonesia

Produk dan program Tokopedia mampu mengembangkan potensi UMKM di Indonesia serta telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia.

Ultah ke-9, Tokopedia Telah Jangkau 93% Kecamatan di Indonesia
Ilustrasi perempuan yang menggunakan aplikasi belanja digital secara mobile. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Tokopedia sebagai salah satu pusat perbelanjaan daring terbesar di Indonesia telah menciptakan beragam kemudahan bagi masyarakat baik untuk keperluan berbelanja maupun penjualan.

Beragam produk dan program Tokopedia bisa mengembangkan potensi UMKM di Indonesia serta memudahkan hidup para pengguna di Indonesia. Pada 17 Agustus 2018 lalu, Tokopedia genap berusia 9 tahun.

Saat ini, Tokopedia juga telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia. Pencapaian ini sangat signifikan dalam menuju misi Tokopedia untuk pemerataan ekonomi secara digital.

Priscilla Anais, Head of Corporate Communications Tokopedia mengatakan, “Tokopedia melihat lebih dekat bagaimana sebagai perusahaan telah membantu masyarakat Indonesia.” katanya dalam rilis yang diterima Tirto.

Keberadaan Tokopedia sebagai sebuah platform marketplace di Indonesia juga menciptakan peluang untuk para perintis usaha.

Seorang perintis usaha tidak lagi harus memiliki modal usaha yang besar untuk membayar uang sewa. Dengan adanya Tokopedia, siapapun bisa punya toko tanpa harus punya toko fisik. 89 persen seller di Tokopedia tidak memiliki toko fisik.

"Tokopedia membantu para sellers untuk mendapatkan akses ke modal usaha lewat program bantuan pinjaman UMKM. 51 persen seller di Tokopedia telah mengalami peningkatan penjualan berkat program ini," kata Priscilla.

Tokopedia mempermudah hidup para pengguna melalui beragam produk digital. Sekarang pengguna dapat membayar PBB, BPJS bahkan zakat melalui Tokopedia serta melakukan pemesanan tiket kereta api, hingga tiket pesawat. 27 produk digital Tokopedia telah membantu jutaan pengguna.

Selain itu, melalui Tokopedia, pengalaman belanja menjadi mudah dan singkat. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dengan layanan instant kurir kurang dari 1 jam.

Jarak pengiriman barang dari awal kehadiran Tokopedia adalah lebih dari 100.000.000 km atau setara dengan lebih dari 11.000 kali bentang Indonesia dari Sabang hingga Merauke jika diakumulasikan. Aktivitas ini mempekerjakan lebih dari 40.000 kurir setiap harinya.

Kini, sudah ada lebih dari 100 juta pilihan produk yang siap dibeli dengan harga terbaik dan transparan.

Baca juga artikel terkait E-COMMERCE atau tulisan lainnya dari Yandri Daniel Damaledo

tirto.id - Bisnis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo