Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan 2021 dalam Bahasa Indonesia & Arab

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 9 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Ucapan selamat berpuasa Ramadhan 2021 dan contohnya dalam bahasa Indonesia, Arab.
tirto.id - Bulan Ramadhan 2021 sebentar lagi akan tiba. Menjelang bulan suci ini, Anda mungkin perlu memberikan ucapan selamat berpuasa menjelang Ramadhan 2021. Ucapan ini bisa diberikan kepada kerabat, rekan kerja, teman, saudara, dan orang-orang terdekat Anda lainnya.

Dalam bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, membaca ayat-ayat Alquran dan banyak melakukan doa. Ini adalah waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Ini juga merupakan saat kegembiraan dan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ramadhan dimulai pada bulan kesembilan dalam kalender lunar Islam ketika bulan sabit baru pertama kali terlihat. Tanggal pasti mulai Ramadhan dikonfirmasi ketika bulan terlihat oleh tim pemantau hilal, yang biasanya terdiri dari pejabat pemerintah dan ulama. Akhir Ramadhan juga ditandai dengan penampakan bulan sabit, menandai Idul Fitri.

Ramadhan dirayakan oleh umat Islam untuk memperingati ketika Tuhan menurunkan bab pertama Alquran, kitab suci umat Islam, kepada Nabi Muhammad. Umat ​​Muslim percaya, selama periode ini, gerbang surga terbuka dan gerbang neraka ditutup.

Umat ​​Muslim menandai bulan suci dengan berpuasa, sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Makan subuh disebut sahur, sedangkan puasa berbuka saat senja disebut dengan buka puasa, dimulai dengan seteguk air dan beberapa kurma atau makanan manis.

Dilansti Time, pantang atau puasa selama bulan Ramadhan tidak hanya terbatas pada makanan dan air. Ini meluas ke menahan diri dari aktivitas seksual, merokok, dan bahkan rasa iri, kemarahan atau pikiran negatif lainnya.

Muslim percaya bahwa mengikuti praktik-praktik ini selama Ramadhan akan mengarah pada pemurnian diri, pengendalian diri, dan mendekatkan mereka kepada Allah. Banyak Muslim juga menghadiri layanan doa khusus, membaca ayat-ayat Alquran dan melakukan amal.

Infografik Selamat Puasa
Infografik Selamat Puasa. tirto.id/Fuad


Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2021


Ada beberapa ucapan selamat Ramadhan atau selamat berpuasa yang mungkin sudah sering Anda dengar, misalnya seperti Ramadhan Mubarak, Ramadhan Kareem, atau Marhaban ya Ramadhan. Anda bisa mengucapkan selamat berpuasa atau minta maaf atas segala kesalahan kemudian diikuti dengan tiga ucapan di atas.

1. Ramadhan Mubarak

Arti Ramadhan Mubarak, seperti dilansir MSN adalah harapan Ramadhan yang Penuh Berkah, semoga Ramadhan memberi kita berkah. Itu setara dengan mengucapkan Selamat Ramadhan.

2. Ramadhan Kareem

Ramadhan Kareem bisa diartikan sebagai Ramadhan yang Dermawan, berharap orang banyak mendapatkan banyak pahala yang baik selama bulan tersebut.

3. Marhaban ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan berarti selamat atas datangnya tamu (bulan Ramadhan) yang disertai dengan penerimaan penuh lapang dada dan kegembiraan.

Ada banyak hal lain yang bisa dikatakan bagi mereka yang menjalankan Ramadhan. Contoh umumnya:

- Tiada kata yang bisa saya ucapkan selain mohon maaf lahir dan batin, semoga kita bisa menyambut bulan suci dengan penuh kedamaian. Bersihkan diri, sucikan hati. Selamat bulan Ramadhan.

- Semoga Ramadhan ini penuh berkah. Selamat menunaikan ibadah puasa. Marhaban ya Ramadhan/Ramadhan Kareem/Ramadhan Mubarak.

- Semoga Anda mendapatkan semua berkah di bulan suci ini. Selamat menjalani ibadah puasa.

- Saat Anda berpuasa dan berdoa kepada Allah, semoga Anda menemukan kedamaian dan kebahagiaan. Semoga Ramadhan penuh kedamaian. Marhaban ya Ramadhan.

- Semoga berkah Ramadhan tetap ada di hati kita dan menerangi jiwa kita. Selamat Ramadhan dan menunaikan ibadah puasa.

- Semoga di bulan suci ini Allah memberi Anda kedamaian dan rahmat yang melimpah. Selamat menunaikan ibadah puasa. Ramadhan Kareem.

- Sebelum Ramadhan datang, izinkan saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.

- Selamat menyambut Ramadhan, bulan penuh kemenangan. Mari berpuasa dan beribadah untuk mencari pengampunan. Ramadhan Kareem.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight