Ubud Village Jazz Festival 2019 Akan Digelar pada 16-17 Agustus

Oleh: Nasywa Humaira - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ubud Village Jazz Festival (UVJF) akan kembali digelar pada 16-17 Agustus 2019, dan turut menghadirkan sejumlah musisi lokal dan internasional.
tirto.id - Ubud Village Jazz Festival (UVJF) kembali di gelar ketujuh kalinya bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, yaitu 16-17 Agustus 2019.

Perhelatan musik jazz yang mendunia ini dipusatkan di Agung Rai Museum of Art (Arma) Ubud, dengan tema “Certainly! Indonesia”.

“Untuk malam hari ini kami menyelenggarakan pre-event di tiga tempat sekaligus dengan musisi yang berbeda, tentu berbeda pula reportoar jazz yang dibawakan. Suasana acara juga akan berbeda,” kata Vice Chairman UVJF, Astrid Sulaiman, di Denpasar, Rabu (14/8/2019) dilansir Antara.

Konser pre-event ini melengkapi perhelatan Ubud Village Jazz Festival 2019 dalam rentang waktu seminggu sebelum festival, dengan konsep “Jazz On The Hill” di Jendela Bali Garuda Wisnu Kencana, Badung, diiringi oleh musisi ternama Austria, Michaela Rabitsch.

Penyanyi sekaligus pemain terompet jazz itu tampil berkolaborasi dengan seorang komposer dan gitaris Robert Pawlik.

Atas dukungan konsulat Austria, itu adalah kali pertama bagi mereka tampil dalam panggung jazz Indonesia.

Di tempat yang berbeda, pre-event UVJF juga diadakan di kawasan Aryaduta Bali dengan menampilkan musisi berkebangsaan Prancis, yaitu Vogayer 4 dengan membawakan jenis musik progressive jazz dan karya orisinil mereka sendiri.

Selain penampilannya di Aryaduta itu, kelompok jazz yang terdiri dari Ohane Dourian, Galindo Cuadra, Gabriel Ferrari dan Paul Herry-Pasmanian sebelumnya telah menjalankan tur selama satu bulan penuh di Indonesia yang didukung oleh Institute Francais Indonesia.

Selain dua tempat itu, pada malam yang sama juga diselenggarakan pre-event UVJF 2019 di sebuah hotel di kawasan Sanur, Denpasar, yang diisi oleh penampilan dari Aaron Goldberg Trio.

Artis yang terkenal berasal dari New York, Amerika Serikat itu menampilkan dentingan pianonya yang khas ditemani oleh kedua rekannya yaitu, bassis Matt Penmann dan drummer Leon Parker.

Nantinya, pada Kamis malam (15/8/2019) UVJF akan menampilkan Eurasian Quintet berkolaborasi dengan Dian Pratiwi, yang akan di selenggarakan di Plataran Ubud Hotel. Serta penampilan dari Sri Hanuraga Trio & Dira Sugandi di Shtala Ubud.

LINE UP UVJF

Dikutip dari laman resmi Ubud Village Jazz Festival, festival ini turut mengkampanyekan anti plastik sekali pakai, yang merupakan bentuk kepedulian terhadap isu lingkungan.

Selain itu, festival ini menghadirkan kualitas yang akan memanjakan para pecinta jazz. Di antaranya Sri Hanuraga Trio feat. Dira Sugandi, “the funky-swing couple” Otti Jamalus Trio Feat Yance Manusama, saxophonist muda Anggi Harahap Quartet, HajarBleh Big Band, Nancy Ponto Quintet.

Selanjutnya, Eurasian Quartet featuring Dian Pratiwi, co-founder UVJF, Yuri Mahatma dengan projectnya “Straight and Stretch”.

Turut hadir juga Drummer asal Kanada yang telah lama bermukim di Bali Yvon Thibeault “Perpectives”, KoPi Jazz Kediri (Komunitas Pecinta Jazz Kediri) bersama Cendana Singers dari Kediri, Jawa Timur.

Dari generasi belia akan tampil pianist berumur 13 tahun Jacob Jayasena, yang akan tampil bersama pianist wanita yang juga masih amat belia, Nadine Adriana.

Dari Amerika Serikat akan hadir nama besar Aaron Goldberg Trio (with Matt Penman and Leon Parker). Juga Pete Jung Quartet (Korea Selatan), Michaela Rabitsch & R. Pawlik Quartet didukung oleh Kedutaan Besar Austria di Jakarta, Harry Mitchell Trio, Arcing Wires (Australia) and Caleb Fortuin with the Bali Mates (Future Leaders Jazz Award Winner) juga dari Australia.

Dan untuk pertama kalinya dari Russia adalah Ilugdin Trio and New Centropezn Quartet. Serta tak lupa dari Perancis, didukung oleh Institut Francais d’Indonesie, Voyager 4.


Baca juga artikel terkait UBUD JAZZ FESTIVAL atau tulisan menarik lainnya Nasywa Humaira
(tirto.id - Musik)


Penulis: Nasywa Humaira
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Nasywa Humaira
DarkLight