Twibbon Hari Ozon Sedunia 16 September 2021: Daftar Link Download

Oleh: Abdul Hadi - 15 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Link tautan dan cara menggunakan twibbon Hari Ozon Sedunia 16 September 2021.
tirto.id - Hari Ozon Sedunia jatuh pada 16 September 2021. Pada peringatan hari untuk melindungi lapisan ozon sedunia ini, masyarakat dapat berpartisipasi dengan mengunggah twibbon Hari Ozon Sedunia yang sudah disiapkan sejumlah lembaga atau individu pemerhati lingkungan.

Dilansir laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tema Hari Ozon Sedunia tahun ini didasarkan pada Protokol Montreal, yaitu "Keeping us, our food, and vaccines cool".

Singkatnya, Hari Ozon Sedunia 2021 mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pemanasan global, yaitu dengan menjaga lapisan ozon yang nantinya berguna untuk menjaga suplai makanan dan ketersediaan vaksin bagi umat manusia yang dilanda pandemi Covid-19.

Ozon sendiri merupakan suatu gas yang berada di atmosfer secara alamiah. Lapisan ozon artinya lapisan atmosfer yang banyak mengandung ozon. Fungsi lapisan ozon ini adalah untuk melindungi bumi dari gangguan luar angkasa, misalnya ozon melindungi permukaan bumi dari radiasi ultraviolet matahari.

Sinar ultraviolet berlebihan dari matahari dapat mengakibatkan kanker kulit, kerusakan pada tanaman dan biota laut. Selain itu, lapisan ozon juga menjaga kestabilan suhu bumi dan mengurangi pemanasan global.

Kesadaran pentingnya ozon ini didasarkan pada hasil penelitian pada medio 1974 dari tim British Antarctic Survey (BAS).

Para peneliti mengumumkan bahwa terjadi penipisan drastis pada lapisan ozon di Antartika sebanyak 30-40 persen dalam satu dekade. Kerusakan lapisan ozon ini terbilang sebagai salah satu bencana lingkungan hidup terbesar pada abad 21.

Menimbang urgensi untuk menjaga lapisan ozon, pada 1994, akhirnya Majelis Umum PBB di bawah United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan 16 September sebagai Hari Internasional Pelestarian Lapisan Ozon. Ketentuan ini tertuang dalam Resolusi PBB 49/114.

Indonesia turut berpartisipasi dalam menjaga lapisan ozon ini yang dibuktikan dengan ikut menandatangani Konvensi Wina pada 1985 dan Protokol Montreal di Copenhagen pada 1992. Kebijakan untuk melindungi lapisan ozon ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 23 Tahun 1992.

Salah satu isi dari Keppres 22/1992 itu adalah penghapusan bertahap pada penggunaan Bahan Perusak Lapisan Ozon (BPO), termasuk mengurangi penggunaan zat freon dalam alat pengatur suhu ruangan (Air Conditioner/AC), bahan pelarut, bahan dorong penyembur (aerosol), misalnya kaleng pengharum ruangan atau pembasmi serangga, penyemprot rambut (hairspray), minyak wangi semprot, bodyspray, deodorant, busa, dan sebagainya.

Tautan dan Cara Menggunakan Twibbon Hari Ozon Sedunia.

Ada beberapa tautan twibbon yang dapat diunduh dan digunakan di media sosial untuk meramaikan Hari Ozon Sedunia 2021, di antaranya adalah sebagai berikut:
Cara mengunduh dan menggunakan twibbon Hari Ozon Sedunia 2021 untuk disematkan di akun sosial media adalah sebagai berikut:

  1. Pilih tautan atau link twibbon di atas, klik untuk masuk ke lamannya.
  2. Setelah mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, pilih foto diri yang akan dipadukan dengan twibbon.
  3. Setelah foto diunggah ke twibbon, atur posisinya hingga pas dengan desainnya, lalu klik "Crop".
  4. Setelah selesai, klik "Download". Twibbon akan diunduh ke galeri foto Anda lalu bisa dibagikan ke akun sosial media sosial Anda.

Baca juga artikel terkait HARI OZON SEDUNIA 16 SEPTEMBER atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight