Tren Warna Rambut Perempuan 2021 dan Cara Merawatnya

Oleh: Balqis Fallahnda - 14 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Tren warna rambut 2021 untuk wanita mulai dari smoky blue, metallic gold hingga platinum blonde.
tirto.id - Memiliki rambut yang indah adalah keinginan semua perempuan. Untuk mendapatkannya, setiap perempuan menempuh berbagai cara, mulai dari perawatan, memotong, hingga mewarnai rambut.

Mewarnai rambut memang selalu menjadi pilihan bagi wanita yang menginginkan rambut terlihat cerah dan indah atau untuk tampil keren.

Tren warna pun selalu berubah dari waktu ke waktu, mengingat warna adalah elemen yang bisa dikreasikan sesuai selera. Mengawali tahun 2021, ada sejumlah warna rambut yang menjadi tren, berikut daftarnya melansir Health.

1. Smoky blue

Oliver Adams, profesional Clairol dan artis papan atas Wella Colorcharm, mengatakan warna smokey ada di tahun 2021. "Pertahankan tren warna rambut yang menyenangkan dan eksotis [dari 2021] tetapi ke warna yang lebih abu dan berasap seperti arang dan biru," kata Adams.

Penampilan ini paling cocok dengan rambut bergelombang, menonjolkan dimensi halus dan warna yang tidak terlalu mencolok.

2. Metallic gold

Master penata rambut Frederic Fekkai menyukai metallic gold untuk tahun 2021, terutama untuk mereka yang mempunyai rambut keriting. Dia menjelaskan bahwa warna akan menghangatkan wajah dan membuat definisi ikal muncul.

Sedikit pirang, sedikit merah, sedikit mengkilap. Untuk tampilan yang lebih sesuai, bicarakan dengan penata gaya tentang warna terbaik yang cocok dengan warna kulit.

3. Wine red highlights

Warna wine red sedang menjadi tren untuk tahun 2021. Adams terobsesi dengan "warna merah cerah yang kaya, seperti ceri hitam dan merlot, dengan warna merah anggur."

Bagi mereka yang berambut merah alami atau berambut cokelat yang ingin bereksperimen, "warna merah pasti akan membawa kembali kesan seksi" kata Adams.

4. Platinum blonde

Fekkai mendorong mereka yang berambut pendek untuk bermain-main dengan pirang platinum tahun ini. Warna gadis keren klasik ini benar-benar tidak pernah ketinggalan zaman, dan ini cara yang menyenangkan untuk memainkan setiap helai rambut perak yang mungkin tidak ingin Anda lihat.

Aksesoris menyenangkan seperti klip dan ikat kepala dapat mempercantik tampilan. Bagi mereka yang memiliki rambut panjang, Adams merekomendasikan campuran babylight dan balayage untuk menjaga agar rambut pirang platinum tetap rendah perawatannya.

5. Pastel lavender

Tidak sealami versi pirang platinumnya, Fekkai menyarankan siapa pun yang merasa berani untuk menggunakan warna ungu pastel. Rambut lavender yang segar, feminin, dan sedikit punk memiliki faktor halus yang melembutkan fitur wajah, terutama dengan gaya pixie yang dibuat dengan baik.

Tips merawat rambut yang diwarnai

Mewarnai rambut memang menyenangkan apalagi jika hasil akhirnya sesuai dengan harapan. Namun, merawatnya merupakan persoalan lain.

Rambut yang diwarnai cenderung memengaruhi kesehatan rambut. Hal ini membuat mereka yang mewarnai rambut harus menghabiskan waktu ekstra agar rambut yang diwarnai tetap sehat.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk merawat rambut berwarna melansir laman resmi L’Oreal Paris.

1. Kurangi frekuensi keramas

Semakin banyak keramas, maka semakin cepat warna memudar. Cara terbaik untuk merawat warna adalah dengan mencuci hanya dua atau tiga kali seminggu.

2. Langsung gunakan kondisioner

Jika keramas merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan tiap hari, maka menyiasatinya adalah dengan hanya menggunakan kondisioner tanpa menggunakan sampo. Penggunaan kondisioner akan menambahkan kelembutan, kilau, dan nutrisi tanpa menghilangkan warna rambut.

3. Pilih sampo yang tepat

Ada alasan mengapa sampo pelindung warna ditemukan. Meskipun beberapa sampo biasa dapat menghilangkan warna dan mempercepat pemudaran warna, formula sampo yang memang dikhususkan untuk rambut berwarna berfungsi untuk melindungi warna. Apa pun yang dapat dilakukan adalah pilih sampo "rendah sulfat" karena akan membantu menghilangkan lebih sedikit warna dari rambut.

4. Kondisioner

Saat mewarnai rambut, rambut akan menjadi lebih rapuh, ini membantu warna keluar dan oleh karena itu, saat itulah pemudaran terjadi.

Jadi biarkan minyak, mentega, polimer dan elemen pelembab lainnya yang biasanya terkandung dalam kondisioner membantu membentuk penghalang pelindung dan membantu mencegah warna memudar.

5. Lindungi rambut dari panas

Bahan-bahan dalam semprotan pelindung panas memang mengurangi kerusakan akibat panas. Namun, bahan tersebut tidak dapat melindungi rambut dari sebagian besar kerusakan, jadi disarankan untuk tetap meminimalkan paparan rambut terhadap panas.

6. Masker rambut

Melakukan masker rambut hanya dalam 5-10 menit dua kali seminggu dapat menambahkan dosis super nutrisi penyembuhan yang membantu memperbaiki kerusakan, meningkatkan kilau dan secara alami, menjaga warna itu menjadi lebih kuat dan tahan lebih lama.

7. Kurangi penggunaan pengering rambut

Minimalisir penggunaan pengering rambut, setrika pelurus dan penjepit pengeriting yang mungkin tidak hanya merusak rambut, tetapi juga menjadikan rambut lebih banyak kehilangan kelembaban dan mengorbankan warnanya.

8. Gunakan filter

Salah satu musuh nomor satu untuk warna yang tahan lama adalah sinar UV dari matahari. Bahkan di musim dingin saat hari tampak gelap. Jadi tambahkan semprotan akhir filter UV sebelum beraktifitas di luar ruangan.

9. Lindungi rambut sebelum berenang

Klorin tidak hanya dapat mengubah warna (jelas tidak mewarnainya menjadi hijau), tetapi juga dapat memudarkan dengan cepat.

Jadi jika sedang menuju ke kolam renang, persiapkan rambut dan kondisi sebelumnya. Oleskan kondisioner ke rambut untuk pelindungan terhadap kerusakan kimiawi.

10. Pola makan yang sehat

Kondisi seperti kecantikan dimulai dari dalam, jadi beri makan rambut dari dalam ke luar. Makanan yang kaya minyak ikan seperti salmon dan mackerel akan menutrisi rambut dengan asam lemak omega-3, membuatnya berkilau dan kuat.

Tambahkan sedikit kacang kenari dan dapatkan vitamin E untuk membantu melawan pewarnaan rambut kering dan rapuh.



Baca juga artikel terkait WARNA RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yantina Debora
DarkLight