Menuju konten utama

Tren Perilaku Online Konsumen Indonesia Sepanjang 2019

Google merilis hasil riset yang memetakan tren perilaku online konsumen Indonesia sepanjang 2019.

Tren Perilaku Online Konsumen Indonesia Sepanjang 2019
Ilustrasi warganet sedang menggunakan mesin penelusuran Google melalui perangkat bergerak. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

tirto.id - Google Indonesia merilis laporan tren perilaku online konsumen Indonesia dari berbagai industri sepanjang 2019.

Tren itu diketahui dari penelusuran yang dilakukan masyarakat Indonesia melalui mesin pencari Google Search.

Laporan tersebut merupakan yang kedua setelah edisi 2018. Tujuannya, untuk membantu pelaku industri dan brand dalam memahami perilaku online konsumen mereka.

“Dari platform kami Google Search dah pihak ketiga kita rangkum sedemikian rupa apa saja perubahan tren di konsumen Indonesia tahun ini," ujar Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim, dalam temu media di Jakarta, Jumat (20/12/2019) malam.

Berikut ini tren perilaku konsumen Indonesia sepanjang 2019, menurut Google.

1. Adopsi e-Money Meningkat

Menurut Muriel e-Money kini menjadi kunci meningkatnya transaksi digital di Indonesia. Masyarakat mulai terbiasa menggunakannya karena telah merasakan kemudahan yang didapat.

Di Google Search, peningkatan orang mencari dompet digital terbaik naik sampai hampir tiga kali lipat. Bukan hanya permintaan dari konsumen yang meningkat, tetapi hal itu juga diimbangi dengan para produsen.

"Banyak merchant yang mencari bagaimana cara menggunakan OVO atau GoPay, mereka ingin menghadirkan layanan yang mempermudah transaksi customer mereka," kata Muriel.

2. Belanja Online Meningkat

Tahun lalu, Muriel mengatakan, pengguna online meningkat di kota-kota kecil, sementara tahun ini bukan hanya penggunaan internet yang meningkat, tapi pengguna telah mulai berbelanja secara online.

Hal tersebut, menurut Muriel, disebabkan oleh pendapatan di kota-kota kecil yang mulai meningkat. Tidak hanya itu, investasi infrastruktur di luar Pulau Jawa juga semakin meningkat. Harga smartphone yang semakin terjangkau juga menjadi alasan selanjutnya belanja online semakin menjadi tren.

"Ada tiga industri yang paling dicari orang-orang di luar kota besar, yaitu kecantikan, travel, dan gaming. Ini semua entertainment, karena mungkin pendapatan mereka sudah lebih besar," kata Muriel.

3. Konten digital

Menariknya, konten-konten yang tadinya biasa ditonton di televisi sekarang mulai ditonton di digital. Konten tersebut adalah sinetron dan acara berita.

Dari 79 juta pengguna aktif YouTube, menurut Muriel, pencarian acara TV naik dua kali lipat. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan akses terhadap konten, yang 90 persen pengguna di antaranya mengakses dari perangkat bergerak.

4. Konsumen Indonesia Makin Cerdas

Menurut Muriel, saat ini konsumen cenderung mencari tahu produk sebelum membeli, mulai dari produk kecantikan hingga otomotif. Misalnya, pencarian soal mineral water meningkat 1,8 kali lipat.

Begitu pula dengan Himalayan Salt yang meningkat 2,6 kali lipat, dan juga pencarian untuk keyless car yang meningkat 1,6 kali lipat.

5. Konsumen Kian Sadar Akan Isu Lingkungan

Masyarakat Indonesia sudah mulai peduli kepada dampak dari kegiatan yang mereka lakukan terhadap lingkungan. Indikasi itu, menurut Muriel, terlihat dari pencarian untuk kata kunci kualitas udara yang meningkat 3,9 kali lipat.

Tidak hanya ingin tahu mengenai apa yang terjadi di lingkungan, masyarakat juga mulai mencari tahu tindakan untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan penelusuran mobil listrik yang meningkat 2,7 kali lipat.

Lebih jauh, Muriel melihat bahwa tren konsumen tersebut akan terus berlanjut pada 2020.

"Pertama, transaksi digital akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya adopsi e-Money dan akses internet yang semakin baik. Kedua, kami melihat konsumsi media mulai bergerak ke digital, yang artinya informasi di internet akan semakin kaya dan beragam," ujar Muriel.

"Ketiga, kalau sekarang konsumen sudah pintar, kedepannya semakin pintar, kalau mau beli barang akan melihat review terlebih dahulu. Terakhir, perlahan-lahan kita lihat konsumen akan membeli suatu barang berdasar value yang didapat," tambah dia.

Baca juga artikel terkait GOOGLE SEARCH

tirto.id - Ekonomi
Sumber: Antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH