tirto.id - Lembaga Riset Alvara mencatat merek dagang Traveloka menjadi platform pemesanan tiket dan hotel paling diminati 1.204 responden milenial kelahiran 1981-1997.
Traveloka muncul sebagai aplikasi yang paling sering digunakan oleh 79 persen responden. Lalu posisi kedua diikuti oleh tiket.com dengan persentase 8,9 persen.
Sementara itu blibli.com menempati posisi ketiga dengan persentase 5,6 persen responden. Terakhir aplikasi Kereta Api Access milik KAI memperoleh 3,2 persen responden sebagai alat pemesanan tiket transportasi.
Banyak Promo Tiket, Banyak Peminat
Pendiri dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali menjelaskan Traveloka dan Tiket.com merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh respondennya.
Salah satu pertimbangan respondennya kata Hasanuddin karena Traveloka disebut banyak memiliki promo. Sementara tiket.com diminati karena lebih mudah digunakan baru diikuti dengan alasan promo.
“Ticketing dan hotel booking paling sering dipakai itu Traveloka dan Ticket.com. Tapi Traveloka paling unggul,” ucap Hasanuddin dalam diskusi bertajuk “E-commerce kita jadi tuan rumah di negeri sendiri” di Hotel Four Points pada Selasa (9/7).
Hasanuddin menjelaskan pola ini berlanjut pada perilaku konsumen yang menjadi respondennya untuk merekomendasikan kepada orang lain menggunakan metode net promoter score. Dari hasil surveinya, Traveloka akan dipromosikan oleh 15,8 persen responden. Sementara Tiket.com hanya dipromosikan oleh 5,9 persen respondennya.
“Ini banyak yang merekomendasikan Traveloka,” ucap Hasanuddin.
Adapun penelitian Alvara dilakukan dengan metode interview tatap muka dan cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 1.204 responden dengan margin of error, 2,89 persen.
Area riset yang dipilih adalah Kota Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta, dan Manado. Periode survei diakukan selama 3-20 April 2019.
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Agung DH