tirto.id - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan evaluasi ketat terhadap mitra operator bus Bianglala Metropolitan (BMP).
Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia menjelaskan, langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi agar kejadian kecelakaan pada, Senin (25/10/2021) tak terulang lagi.
“Kami akan memperketat lagi kegiatan evaluasi dan pembinaan kepada operator. Hal ini sebagai salah satu langkah dan upaya yang kami lakukan, sesuai arahan Pak Gubernur untuk meminimalisir kejadian seperti ini tidak terulang kembali ke depannya,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa (25/10/2021).
Ia menjelaskan, dalam musibah tersebut kedua bus yang mengalami kecelakaan di jalan MT Haryono, Jakarta Timur adalah milik BMP selaku operator. Sebelumnya perusahaan bersama seluruh operator yang bekerja sama memiliki agenda pengarahan secara rutin. Selama pandemi kegiatan tersebut dilakukan setiap tiga bulan sekali, namun ke depannya akan dilakukan dengan lebih rutin lagi.
Dalam setiap pertemuan, kata Prasetia, manajemen Transjakarta bersama para operator akan membahas terkait upaya meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama bus beroperasi dan melayani pelanggan.
Hal ini ditujukan agar baik operator maupun para pengemudi bisa mendapatkan pembekalan maksimal ketika sedang melakukan pelayanan bagi masyarakat.
“Kami berharap, para operator bisa menerapkan apa yang sudah didapatkan dalam setiap arahan dengan baik dan semaksimal mungkin saat berada di lapangan,” jelas dia.
Selanjutnya, terkait kecelakaan kemarin, sampai saat ini Transjakarta masih terus menunggu hasil investigasi dari pihak yang berwajib.
Transjakarta siap mengikuti segala proses yang berlangsung terkait insiden kemarin. Sementara selain pendampingan pada proses perawatan, Transjakarta juga membiayai perawatan dan akan memberikan santunan kepada seluruh pelanggan terimbas baik yang meninggal maupun yang mengalami luka ringan dan berat.
“Sebagai itikad baik, Transjakarta akan kooperatif dalam setiap proses investigasi. Kami siap mengevaluasi untuk meningkatkan kualitas serta memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan,” imbuhnya.
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari