Tol Solo-Ngawi Siap Beroperasi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Oleh: Addi M Idhom - 20 November 2018
Jasa Marga menyatakan jalan Tol Solo-Ngawi sudah siap beroperasi pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang.
tirto.id - PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) memastikan Jalan Tol Solo-Ngawi siap beraoperasi saat momentum libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Untuk ruas tol Solo-Ngawi pada momen Natal dan Tahun Baru ini sudah siap dioperasionalkan," kata Direktur Utama Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno di Solo, pada Selasa (20/11/2018) seperti dilansir Antara.

Dia menambahkan Kementerian Perhubungan juga sudah mengeluarkan sertifikat layak uji untuk ruas ruas Tol Sragen-Ngawi. Sementara pengerjaan ruas Solo hingga Ngawi telah seluruhnya tuntas. Karena itu, peresmian Jalan Tol Solo-Ngawi tinggal menunggu jadwal.

Jalan Tol Solo-Ngawi ini tersambung dengan jalur bebas hambatan di Jawa Timur yang menghubungkan kawasan Ngawi, Wilangan, Kertosono, hingga Surabaya.

David memperkirakan waktu tempuh Solo-Surabaya bisa hanya sekitar 3-4 jam jika semua ruas tol tersebut tersambung. Waktu tempuh itu lebih pendek dua jam dibandingkan jika pengendara melewati jalan arteri yang hutuh perjalanan sekitara 5-6 jam.

“Untuk penetapan tarif sama dengan Solo-Sragen, yaitu untuk golongan I Rp1.000/km," kata David.

Sementara untuk ruas Tol Salatiga hingga Kartasura, David memperkirakan pembangunannya selesai pada bulan ini.

“Untuk Salatiga hingga Kartasura ini masih menunggu selesainya konstruksi dan selesainya uji layak fungsi," kata dia.

Dia memprediksi 60 ribu kendaraan akan melintasi ruas tol Salatiga-Kartasura pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang.


Baca juga artikel terkait PROYEK JALAN TOL atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight