Menuju konten utama

Tokopedia Rilis TokoCabang, Layanan Gudang Pintar untuk Penjual

Penjual di Tokopedia akan dibantu untuk menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman melalui TokoCabang.

Tokopedia Rilis TokoCabang, Layanan Gudang Pintar untuk Penjual
Tokopedia Luncurkan Layanan Gudang Pintar ‘TokoCabang’. FOTO/DOk. Tokopedia

tirto.id - Tokopedia baru-baru ini meluncurkan TokoCabang, layanan pemenuhan pesanan dengan memanfaatkan jaringan gudang pintar tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yang sudah dapat dimanfaatkan oleh seluruh penjual di marketpalce ini.

Melalui rilis tertulis yang diterima Tirto, Selasa (11/6/2019), Head of Fulfillment Tokopedia Erwin Dwi Saputra menjelaskan, penjual di Tokopedia bisa menitipkan stok produknya di gudang-gudang pintar TokoCabang yang tersedia. Mereka akan dibantu untuk menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman.

"Saat ini, TokoCabang tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya, dan akan terus bertambah hingga menjangkau seluruh penjuru di Indonesia," tambahnya.

Erwin mengatakan, TokoCabang akan mempermudah penjual memenuhi pesanan, terutama di musim saat penjual diguyur pesanan berlipat seperti halnya Ramadan.

Untuk saat ini, Erwin menjelaskan, penjual dapat memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari, lalu cukup membayar biaya jasa layanan Rp3.000 untuk setiap barang yang terjual.

Keberadaan TokoCabang menurutnya memungkinkan penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dengan menitipkan stok produk di TokoCabang di berbagai daerah, terutama di wilayah dimana permintaan produk penjual yang bersangkutan cenderung tinggi.

"Dengan layanan pemenuhan pesanan yang profesional, pemilik toko kini tidak perlu lagi pusing memikirkan isu operasional pemenuhan pesanan, apalagi ketika menghadapi kenaikan pesanan. Layanan TokoCabang akan membantu siapa pun untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah. Hal ini membuat kami selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital," Erwin menambahkan.

Erwin juga mengungkapkan bahwa kedepannya Tokopedia akan mengembangkan teknologi analitik yang dapat membantu memberikan informasi yang lebih kepada penjual untuk menempatkan stok barang di lokasi di mana permintaan produk yang dijual cenderung tinggi.

Di sisi lain, kata Erwin, dengan TokoCabang pembeli bisa membeli barang kebutuhan dari toko favoritnya dan barang pesanan akan dikirim dari gudang penyimpanan terdekat.

"Adanya TokoCabang memungkinkan pembeli di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pilihan barang yang dapat diterima lebih cepat dan dengan ongkos kirim lebih murah," tutup Erwin.

Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan lainnya dari Ibnu Azis

tirto.id - Teknologi
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH & Siaran Pers