tirto.id - Subsidi listrik berupa token listrik gratis diperpanjang hingga Maret 2021. Pelanggan PLN bisa mengakses www.pln.co.id untuk mendapat token listrik gratis Januari 2021.
Namun program stimulus Covid-19 PLN bagi pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA baru bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021.
“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, dikutip dari rilis yang diterima Tirto, Jumat (1/1/2020).
Bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100 persen kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.
Demikian juga untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA akan diberikan 100 persen tagihan listrik.
Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Selain melalui situs web PLN dan layanan WhatsApp token stimulus juga bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara:
1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token gratis akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Tak hanya itu, melalui PLN Mobile, Anda juga bisa mengecek dan bayar tagihan listrik atau beli token, mengajukan ubah daya, catat meter mandiri maupun pengajuan pengaduan listrik.
"Anda juga bisa akses fitur lainnya seperti histori pemakaian listrik atau pembelian token, info status laporan pengaduan dan juga info pemadaman listrik maupun pemeliharaan langsung melalui ponsel Anda," tulis PLN.
Editor: Agung DH