TKN Sebut Jokowi Ingin Koalisi Tetap Utuh Lima Tahun ke Depan

Oleh: Felix Nathaniel - 3 Juli 2019
Verry Surya Hendrawan mengatakan pertemuan itu dihadiri seluruh sekretaris jenderal partai koalisi, namun menurutnya dalam pertemuan itu tak membahas tentang menteri kabinet Jokowi periode 2019-2024.
tirto.id - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Verry Surya Hendrawan mengatakan Jokowi berharap koalisi yang berisikan TKN dan TKD bertahan sampai lima tahun ke depan.

Hal itu dikatakan Verry usai menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (2/7/2019).

Menurut Verry, pertemuan itu dihadiri seluruh sekretaris jenderal partai koalisi. Selain itu 34 TKD juga hadir untuk mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Arahan presiden artinya selama lima tahun ke depan kita masih harus terus bersama-sama," kata Verry kepada Tirto, Rabu (3/7/2019).

Namun, Verry mengatakan bahwa belum ada kepastian apakah TKN dan TKD ini akan menjadi tim baru atau diberikan jabatan di kabinet Jokowi.

Menurut Verry sejauh ini hal tersebut masih menjadi wacana.

"Semua punya potensi masing-masing TKN dan TKD punya kemampuan untuk memaksimalkan pemerintahan ke depan," ucapnya.

"Tidak ada sama sekali kepastian. Itu lebih kepada ungkapan jaga soliditas," tambahnya.

Verry juga mengatakan untuk porsi menteri bagi partai koalisi yang tergabung dalam TKN akan dibicarakan dengan Ketua Umum partai masing-masing. Mau tidak mau tugas TKN sudah selesai.

"Tidak ada nanti dari TKN akan jadi menteri, kita tidak bicara sejauh itu," katanya lagi.

Padahal sebelumnya sempat ada nama-nama non-partai yang digadang menjadi menteri seperti Erick Thohir. Menurut Verry, penambahan koalisi dari non-partai atau oposisi juga tidak dibicarakan.

"Belum sampai ke situ. Tidak ada. Kalaupun ada, itu nanti sudah akan menjadi porsi Presiden Jokowi dengan ketua umum," tegas Verry.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight