TKN: Isu Jokowi Memakai Earpiece Saat Debat Capres adalah Hoaks

Oleh: Agung DH - 18 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
TKN dan calon petahana Jokowi membantah menggunakan alat bantu dengar saat debat. KPU juga memastikan kedua pasangan calon tak memakai alat itu.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin membantah tudingan yang menyebut pihaknya berbuat curang dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan pada Minggu (17/2/2019). Jokowi disebut berkomunikasi dengan tim suksesnya menggunakan earpiece yang terkoneksi dengan pulpen.

Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding memastikan bahwa isu itu hoaks. "Yang saya pahami tak melihat ada pemasangan alat tertentu di tubuh Pak Presiden sebelum debat. Ada di pasang oleh panitia microphone," ucap Karding di Menteng, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Karding menyatakan bahwa dia berada di dekat Jokowi saat debat berlangsung. Aktivitas Jokowi hanya mengobrol dengan beberapa orang dan tak ada pemasangan alat lainnya setelah itu.

"Saya saksikan sendiri," ucapnya lagi. "Itu bisa dicek, ada CCTV di situ."

Karding lantas berharap masyarakat tidak ikut meramaikan hoaks yang mungkin dibuat simpatisan Prabowo-Sandiaga Uno atau pihak tak bertanggung jawab. Menurut Karding, tim sukses Prabowo-Sandi sedang berusaha menggeser isu substansial terkait debat dengan masalah teknis yang tak penting.

"Jadi sudah, berhenti melakukan isu pengalihan isu. Berhenti melakukan serangan hoaks dan fitnah," tegasnya. "Jadi saya berharap publik jangan terkecoh, jangan inut genderang permainan BPN."

Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily juga menyampaikan hal serupa. Dia berharap masyarakat makin dapat melihat pihak mana yang jelas menebar kebohongan.

"Kita berharap agar masyarakat dapat terbuka mata dan hatinya yang belum memilih Pak Jokowi untuk memilihnya. Semakin jelas mana retorika dengan hoax dan mana yang telah bekerja untuk rakyat," kata Ace kepada Tirto.

Calon petahana Jokowi juga membantah menggunakan alat bantu dengar tersebut saat debat. "Ah ada-ada saja. Itu soal-soal fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," kata Jokowi saat ditanya media tentang tudingan menggunakan earpiece saat debat di Pandeglang, Banten pada Senin.

Sebelumnya beberapa warganet di media sosial membahas kecurigaan bahwa Jokowi menggunakan earpiece dan repeater saat debat kedua capres bersama Prabowo di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Jokowi mengatakan bahwa tidak ada hal curang di dalam pulpen yang dikenakannya.
'
Dia pun mengeluarkan dan menunjukkan pulpen yang sama yang dipakainya pada saat debat kepada media.

"Ini kan pulpen ini? ini kan. Coba saja. Jadi jangan buat isu fitnah-fitnah yang nggak bermutulah," tegas Jokowi seperti dikabarkan Antara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memastikan baik Jokowi maupun Prabowo Subianto tidak memakai earpiece atau alat bantu komunikasi yang diletakkan di telinga, dalam debat Capres kedua.

"Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi clear seperti itu," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan saat dihubungi, Senin (18/2/2019).

"Baik 01 maupun 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu," imbuh Wahyu menegaskan pernyataannya.





Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH