Tips Olahraga di Luar Rumah pada Masa Pandemi COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 4 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Olahraga di luar rumah bisa dilakukan pada masa pandemi COVID-19 dengan tetap menerapkan perilaku#ingatpesanibu.
tirto.id - Imunitas tubuh yang prima dapat menekan bahkan mencegah tertularnya virus corona atau COVID-19. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan berolahraga. Ada tips olahraga yang dilakukan dalam masa pandemi, termasuk olahraga di luar rumah.

Olahraga merupakan benteng pertahanan kedua dalam upaya perlawanan terhadap COVID-19 setelah #ingatpesanibu yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Aktivitas olahraga menjadi benteng kedua yang melawan serangan virus corona ke dalam tubuh," ungkap dr. Arie Sutopo, SpKO., Dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dikutip dari website resmi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Sabtu (3/9/2020).

Beda Olahraga dengan Bergerak

Ada cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan kegiatan olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal virus COVID-19 dalam masa pandemi. Menurut dr. Arie Sutopo, olahraga itu memiliki intensitas, frekuensi, dan durasi.

Untuk intensitasnya, lanjut anggota Tim Pengarah dan Pengawas PB PON ke-XX Papua ini, bisa dilakukan secara ringan atau sedang. Adapun frekuensinya disarankan setiap hari dengan durasi minimal 30 menit atau setengah jam sehari.

Tiga faktor inilah, yakni intensitas, frekuensi, dan durasi, papar dr. Arie Sutopo, yang membedakan antara olahraga dengan bergerak.

Aktivitas di rumah seperti membersihkan kamar, mencuci pakaian, dan sejenisnya, bukan termasuk olahraga melainkan bergerak.

“Bergerak itu hanya berpengaruh terhadap otot dan sendi saja. Tidak berpengaruh pada imunitas tubuh,” jelas dr. Arie Soetopo.


Olahraga di Luar Rumah pada Masa Pandemi

Bagi yang memilih melakukan olahraga di luar rumah, lanjut dr. Arie Soetopo, harus tetap melakukan langkah #ingatpesanibu, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


"Pakai masker itu tetap, cuci tangan, dan jaga jarak, karena ini tindakan pencegahan supaya virus nggak masuk ke tubuh," tandas dokter yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) ini.

Berikut ini beberapa tips berolahraga di luar rumah pada masa pandemi, seperti dikutip dari Antara:
  • Masker wajib dipakai bila berolahraga di tempat umum untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan COVID-19. Masker bisa dilepas sejenak jika berada di tempat yang sepi supaya tubuh mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dari air yang mengalir. Tips lain, bawalah cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer selama melakukan kegiatan olahraga di luar rumah.
  • Sebisa mungkin cari lokasi yang tidak terlalu ramai untuk berolahraga di luar rumah. Bagaimanapun, ini dapat meminimalisir potensi tertular COVID-19. Akan tetapi, jika olahraga dilakukan bersama orang lain atau di tempat umum, tetap menjaga jarak, dan hindari berkerumun.
Dengan menerapkan #ingatpesanibu, olahraga di luar rumah bisa dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Berolahraga di luar ruangan dapat menjadi solusi agar tubuh tetap aktif bergerak sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Olahraga di luar ruangan juga menghasilkan perputaran udara yang berguna bagi tubuh. Pada jam-jam yang tepat di pagi hari, akan didapat manfaat tambahan dari sinar matahari yang bermanfaat untuk pembentukan vitamin D.

Jangan lupa selalu #ingatpesanibu dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

_____________

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight