Tips Menjaga Kesehatan Fisik Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji

Oleh: Yonada Nancy - 25 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik sebelum melaksanakan ibadah haji.
tirto.id - Melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah memang butuh persiapan secara matang, termasuk fisik, karena membutuhkan banyak energi.

perbedaan waktu serta suhu di wilayah Timur Tengah tentunya dapat memengaruhi fisik, sehingga tubuh perlu melakukan adaptasi.

Oleh karena itu, melakukan persiapan sejak dini adalah faktor penting untuk menunjang kondisi kesehatan serta kelancaran ibadah

Mempersiapkan kondisi fisik sebelum menjalankan ibadah

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh jamaah sebelum menjalankan ibadah Haji.

Persiapan pertama yaitu para jamaah diwajibkan untuk melakukan vaksinasi meningitis.

Dilansir dari WHO, orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 2 tahun yang sampai di zona haji, diminta untuk menyerahkan sertifikat vaksinasi yang valid dengan Meningokokus Kuadrivalen (ACYW) vaksin yang diberikan tidak kurang dari 10 hari sebelum kedatangan yang direncanakan ke Arab Saudi.

Vaksin meningitis yang diterima adalah Vaksin polisakarida quadrivalent (ACYW) yang dilakukan sejak 3 tahun terakhir. Vaksin konjugat quadrivalent (ACYW) yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir.

Persiapan selanjutnya adalah jamaah disarankan untuk berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Terakhir, para jamaah disarankan untuk menjaga kesehatan dan makan makanan bergizi sebelum melakukan perjalanan.

Menjaga kesehatan selama di Tanah Suci

Beberapa tindakan berikut ini bisa dilakukan oleh jemaah selama melakukan ibadah sesuai dengan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

- Cuci tangan dengan sabun dan air atau desinfektan, terutama setelah batuk dan bersin, setelah menggunakan toilet, sebelum memegang dan mengkonsumsi makanan, dan setelah menyentuh binatang.

- Gunakan tisu sekali pakai saat batuk atau bersin dan buang tisu bekas ke keranjang sampah.

- Kenakan masker wajah biasa saat berada di tempat ramai.

- Hindari kontak dengan mereka yang tampak sakit dan hindari berbagi barang-barang pribadi mereka.

- Hindari kunjungan ke dan kontak dengan unta di peternakan, pasar, atau gudang.

- Hindari minum susu yang tidak dipasteurisasi atau makan daging mentah atau produk hewani yang belum sudah matang sepenuhnya.


Baca juga artikel terkait IBADAH HAJI atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight