Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Bekerja

Oleh: Abdul Hadi - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rasa kantuk saat bekerja dapa memengaruhi kecepatan, konsentrasi hingga membuat tidak fokus. Berikut tipsnya.
tirto.id - Rasa kantuk yang muncul saat sedang bekerja memang sering dialami oleh sebagian orang, apalagi jika begadang pada bila malam sebelumya.

Mengantuk saat bekerja bisa membuat seseorang tidak fokus, kurang konsentrasi dan tidak bersemangat.

Hal ini biasanya juga menghampiri orang yang lelah. Sayangnya, jika waktu kerja belum selesai, beban tugas harus tetap ditandaskan. Tidak ada kesempatan untuk tidur.

Karena itulah, beberapa perusahaan di Amerika Serikat sudah menerapkan kebijakan boleh tidur siang kepada karyawan yang capai dan mengantuk.

Dalam "Normalizing the Workplace Nap: Blurring the Boundaries between Public and Private Space and Time" yang ditulis Vern Baxter and Steve Kroll-Smith di Jurnal Current Sociology menyatakan bahwa kebijakan tidur siang bagi karyawan malah meningkatkan produktivitas dan meminimalisir kecelakaan kerja.

Namun, tentu saja masih sangat sedikit organisasi kerja dan badan usaha yang membolehkan karyawannya tidur di rentang waktu kerja.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga stamina dan tetap terjaga atau tidak mengantuk di jam-jam kerja.

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan agar tidak mengantuk di waktu kerja sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Pastikan ruangan kerja dalam kondisi terang

Jika bekerja di siang hari, biarkan jendela ruang kerja terbuka agar sinar matahari bisa masuk. Sementara itu, jika Anda bekerja di malam hari, nyalakan lampu yang terang agar tetap terjaga.

Pencahayaan yang redup menjadikan mata cepat lelah dan mudah mengantuk.

2. Minum cukup air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat seseorang kesulitan berkonsentrasi. Karena itu, pastikan asupan cairan tubuh Anda terjaga.

Tanda bahwa tubuh kekurangan cairan adalah perubahan warna urin. Jika warna urin tidak putih jernih lagi, bisa diperkirakan bahwa badan membutuhkan tambahan cairan.

3. Minum kopi berkafein

Jika perlu, minumlah kopi berkafein di awal shift kerja. Namun, pastikan Anda hanya meminum kopi di awal jam kerja saja.

Minum kopi di waktu larut malah mengganggu pola tidur, yang malah menjadikan Anda kelelahan keesokan harinya di tempat kerja.

4. Kerjakan tugas yang lebih ringan terlebih dahulu

Fokus dan berkonsentrasi pada beban kerja yang berat di awal waktu kerja bisa jadi membuat Anda gampang lelah. Akibatnya, tugas-tugas yang mudah malah terlambat dikerjakan.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, kerjakan terlebih dahulu tugas yang paling mudah, baru kemudian beranjak ke tugas yang lebih kompleks lagi.

5. Tidur cukup di malam hari

Dilansir dari The Conversation, kurang tidur dapat membuat karyawan kurang konsentrasi, serta menurukan performa kerja. Tak jarang, pekerja yang kurang tidur di malam hari rentan mengalami kecelakaan kerja.

Karena itu, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup agar kinerja stabil sepanjang hari dan tidak mengantuk di tempat kerja.

6. Jika masih kesulitan, tidurlah sebentar sebelum berangkat kerja

Jika Anda bekerja dengan sif bergantian, ada baiknya mencoba tidur singkat terlebih dahulu sebelum berangkat kerja.

Tidur sebentar sekitar 20 hingga 30 menit sebelum bekerja dapat membantu menghindari kantuk sepanjang sif kerja Anda.


Baca juga artikel terkait TIPS MENGATASI MENGANTUK SAAT BEKERJA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight