Tips Mengajarkan Anak Cara Berterima Kasih Sejak Dini

Oleh: Dhita Koesno - 7 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengajarkan anak mengucapkan terima kasih sejak dini.
tirto.id - Ucapan terima kasih merupakan bagian penting dalam berkomunikasi sebagai cara untuk memberikan penghargaan kepada orang lain.

Karenanya mengucapkan terima kasih adalah pelajaran penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Tujuannya agar anak memahami cara menghargai usaha, pemberian, dan pertolongan dari orang lain.

Berikut ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak-anak mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain seperti dikutip dari situs Verywell Family:

1. Diskusikan Pentingnya Ucapan Terima Kasih

Jelaskan kepada anak-anak bahwa orang yang Anda cintai sering menghabiskan waktu memilih hadiah khusus untuk mereka, membelinya dengan uang sendiri, hingga memberikan hadiah itu, baik secara langsung atau melalui pos.

Tanyakan bagaimana mereka akan tahu jika seseorang menyukai hadiah yang telah dipilih untuk membantu anak memahami mengapa ucapan terima kasih perlu disampaikan, bagaimana memberi tahu pemberi hadiah bahwa hadiah telah diterima dan dihargai.

2. Berikan Contoh Nyata pada Anak

Orangtua adalah contoh bagi anak-anaknya, anak biasanya meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Karenanya, biasakan pula orangtua mengucapkan terima kasih di depan anak jika mendapat bantuan atau hadiah dari orang lain.

Selain itu selalu ucapkan syukur dan terima kasih saat berdoa dengan suara yang bisa didengar. Misalnya bagi umat muslim berdoa dengan mulai mengucapkan, "Alhamdulillah, terima kasih untuk hari ini ya Allah".

Jika anak Anda terbiasa mendengar hal-hal baik yang dilakukan orangtuanya, maka ia pun akan menjadi terbiasa untuk mengucapkan terima kasih pada orang lain atas hal-hal baik yang diterimanya.

3. Teladankan Perilaku Baik untuk Anak Anda

Anda dapat mendorong anak untuk menulis ucapan terima kasih yang tulus dengan menjadikannya sebagai latihan keluarga.

Biarkan anak-anak melihat Anda menulis catatan terima kasih dan biarkan mereka membaca (atau mendengar) apa yang Anda tulis.

Ingat: salah satu cara terbaik untuk mengajari anak Anda sopan santun adalah dengan mencontohkan perilaku yang diharapkan.

4. Lakukan Secara Berulang dan Kontinuitas

Mengajarkan anak tentu tidak bisa secara instan, karenanya perlu dilakukan berulang-ulang dan secara berkesinambungan dengan ucapan yang tulus bukan dibuat-buat.

Tekankan pula bahwa mengucapkan terima kasih adalah suatu keharusan, terutama bila kita menerima kebaikan dari orang lain, baik berupa hadiah, bantuan, atau hal-hal baik lainnya.

Infografik cara mendidik anak mengucapkan terima kasih
Infografik cara mendidik anak mengucapkan terima kasih. (tirto.id/Fuad)


Laman Baby Center menyebutkan, mengucapkan terima kasih atas hal-hal baik yang diterima harus jadi kebiasaan dalam keluarga.

Terbiasa mengucapkan terima kasih tentu tidak datang secara alami kepada anak-anak, tetapi butuh tindakan dan contoh nyata, bukan hanya perintah saja, dan orang tua adalah orang pertama yang menjadi contoh terhadap apa yang akan dilakukan oleh anaknya.


Baca juga artikel terkait MENGAJARKAN ANAK BERTERIMA KASIH atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dhita Koesno
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight