Tips Kelola Dapur Minimalis di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 14 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips mengatur dan menjaga kebersihan dapur selama pandemi virus corona COVID-19.
tirto.id - Selama masa pandemi ini, banyak dari masyarakat lebih memilih memasak sendiri, sehingga membutuhkan dapur yang teratur dan minimalis. Merencanakan menu makanan dan membersihkan dapur, lemari es, serta freezer dapat membuat suasana di dapur lebih nyaman saat memasak.

Berikut adalah 5 tips sederhana untuk membantu Anda mengatur dapur secara optimal dilansir dari laman Healthline:

1. Buat rencana

Rencanakan menu apa saja yang akan dimasak dan pastikan memiliki semua bahan untuk menu yang Anda inginkan. Agar tidak sering keluar rumah, Anda dapat belanja kebutuhan untuk 7 hari baik online atau datang langsung ke pasar. Pilihlah bahan-bahan yang dapat digunakan dalam berbagai resep.

Devin Alexander, koki selebriti dan penulis buku terlaris NY Times, mengatakan dia membeli beberapa protein tanpa lemak favoritnya, seperti dada ayam, kalkun tanpa lemak, salmon atau ikan cod beku, dan banyak sayuran, termasuk kale, kol, dan brokoli.

"Ini akan bertahan jauh lebih lama daripada kebanyakan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan arugula," kata Alexander.

2. Cuci barang-barang Anda

Usai berbelanja, segera cuci tangan dan letakkan bahan makanan di meja bersih dekat bak cuci. Setelah meja bersih, usap bagian luar karton produk, cuci buah dan sayuran.

Usap kembali meja lalu simpan barang belanjaan. Keringkan terlebih dahulu bahan makanan yang sudah dicuci. Anda dapat memotong beberapa buah agar dapat dengan cepat mengambilnya untuk dijadikan camilan atau salad.

3. Bersihkan dapur

Sisihkan waktu untuk mengambil semua barang yang sudah tidak terpakai dari dapur dan membuang barang yang sudah kadaluwarsa. Kemudian pilah peralatan yang masih terpakai dan makanan yang masih bisa diolah.

Selanjutnya, pilihlah barang-barang yang sering digunakan, kemudian simpan di tempat setinggi mata. Setiap kali Anda menambahkan sesuatu ke dapur, biasakan untuk meletakkannya di belakang barang-barang lain, bukan di bagian depan.

4. Atur kulkas dan freezer

Simpan buah-buahan dan sayuran sejajar dengan mata Anda, jangan disembunyikan di laci atau tempat yang tak terlihat agar tak membusuk dan terlupakan.

Simpan bumbu di rak pintu karena bumbu yang paling dibutuhkan dan terlihat saat membuka dan menutup kulkas. Keluarkan semuanya dari freezer, dan buang barang-barang kadaluwarsa.

Tempatkan barang-barang yang lebih sehat di bagian depan freezer. Tampilkan daftar barang-barang freezer, dan perbarui saat Anda mengambilnya dan tambahkan yang baru.

5. Tata lemari dapur

Mulailah dengan menelusuri semua lemari dan singkirkan alat dan peralatan yang rusak.

Anda juga dapat membuat batasan zona dapur, sebagai contoh:
  • Zona kopi merupakan tempat untuk membuat kopi, termasuk menyimpan mug.
  • Zona persiapan merupakan area lain di dekat bak cuci untuk menyimpan talenan dan alat pemotong.
  • Area di dekat kulkas dan wastafel dapat mencakup zona bungkus makanan untuk peralatan dan bungkus plastik
  • Zona perapian mungkin dekat oven dan termasuk penyimpanan untuk mangkuk, rolling pin, pemotong kue, dan panggangan.

Baca juga artikel terkait DAPUR atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight