Tips dan Cara Membuat Emoji Sendiri di Ponsel Android

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 22 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini tips dan membuat emoji sendiri di ponsel berbasis android.
tirto.id - Saat ini pengguna Android sudah dapat membuat emoji sendiri menggunakan platform ekspansi Dapur Emoji untuk Google Keyboard yang telah dirilis sejak awal Februari 2020.

Melalui Dapur Emoji, GBoard pada android dapat membuat emoji baru bedasarkan kombinasi emoji yang diketik oleh pengguna secara otomatis. Sedangkan versi update terbaru dapat memberbolehkan pengguna untuk memilih sendiri emoji yang hendak dikombinasikan

Dilansir dari Tech Radar, platform ini tidak mendukung semua aplikasi, beberapa aplikasi utama yang mendukung Dapur Emoji untuk GBoard ialah seperti Whatsapp dan Facebook Messenger, sebaliknya yaitu Instagram dan Slack.

Namun fitur ini masih dalam tahap beta, oleh karenanya untuk mengaktifkan Dapur Emoji anda harus terlebih dahulu gabung program beta sebagai penguji dengan masuk ke laman GBoard Testing Beta.

Tentu saja pengguna dapat keluar dari program pengujian dengan uninstall versi pengujian dan install kembali versi publik di Playstore.

Sayangnya fitur ini hanya akan tersedia untuk sistem operasi Android, sehingga pengguna iOS belum bisa menikmati fitur extensi ini.

Setelah itu pengguna dapat update aplikasi Gboard di Playstore, jika pengguna telah gabung ke skema program beta maka ia akan diberikan opsi update secara otomatis, lalu fitur expansi tersebut dapat digunakan.

Untuk mengirimkan emoji buatan menggunakan aplikasi yang kompatibel anda dapat membuka Gboard lalu masuk ke menu emoji dengan menekan tombol koma di samping spasi kemudian ketuk symbol emoji berwarna biru.

Pilih satu atau dua emoji yang tersedia, kemudian GBoard secara otomatis akan menyediakan emoji baru disertai beberapa saran emoji lainnya.

Mengutip dari laman 9to5google, fitur expansi ini tidak bekerja untuk tiap-tiap kombinasi emoji, tetapi versi terbarunya bahkan menyediakan kombinasi emoji yang ekstrim dengan mengabungkan dua emoji yang sama dan jenis kombinasi emoji yang lebih luas.

Beberapa kombinasi yang unik di antaranya seperti stiker mata dolar + stiker muntah maka emoji baru yang muncul ialah stiker emoji muntah dolar, atau stiker tengkorak + stiker hantu akan memunculkan emoji hantu yang keluar dari mata tengkorak.

Kombinasi emoji ekstrem itu misalnya ketika anda memilih kedua emoji menguap, maka yang muncul ialah emoji menguap dengan tanda not balok, atau jika kedua emoji hidung panjang maka yang muncul ialah emoji dengan hidung yang sangat panjang.

Setelah dicoba fitur ini tidak berlaku untuk emoji non-ekpresif seperti emoji symbol tangan, peragaan, ataupun binatang.

Selain itu ada beberapa emoji yang bisa di kombinasikan dengan stiker lainnya tetapi tidak bisa dikombinasikan dengan stiker tertentu, misalnya stiker bulan hitam + bulan kuning tidak bisa dikombinasikan tetapi salah satu diantaranya dapat dikombinasikan dengan banyak stiker lainnya.

Dari artikel lain pada laman Tech Radar, saat ini emoji terbaru telah tersedia untuk Android 11, sehingga ketika pengguna telah mengupgrade sistem operasi Android yang terbaru maka ia dapat menggunakan seluruh emojinya. Namun saat ini sistem operasi Android 11 belum tersedia untuk seluruh smartphone.


Baca juga artikel terkait CARA BUAT EMOJI SENDIRI DI ANDROID atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight