Tips Bangun Malam Shalat Tahajud Beserta Bacaan Niatnya

Oleh: Dhita Koesno - 20 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tips bangun malam shalat tahajud, bacaan niat, dan keutamaan melaksanakan shalat tahajud.
tirto.id - Bangun malam untuk melaksanakan shalat tahajud memang tidak mudah bagi yang belum terbiasa, karena harus bisa menahan rasa kantuk dan melewatkan waktu tidur malam.

Salat tahajud termasuk salah satu salat sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Pelaksanaan salat tahajud dilakukan setelah tidur atau tepatnya pada sepertiga malam terakhir.

Keutamaan Shalat Tahajud


Beberapa keutamaan melaksanakan ibadah salat tahajud di antaranya sebagai penghapus dosa, menenangkan jiwa, hingga memohon doa agar terkabul dengan mudah.

Mengenai keutamaan Sholat Tahajud, Allah SWT juga berfirman dalam Surat Al-Isra' Ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Keutamaan Sholat Tahajud pun diterangkan sejumlah hadist. Misalnya, Sebagaimana penjelasan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah qiyamul lail (shalat lail)” (HR. Muslim).

Niat Salat Tahajud


Niat adalah salah satu rukun salat. Jika seseorang hendak melafalkan niat salat tahajud dalam bahasa Arab, bunyinya adalah sebagai berikut ini.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, "Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah."


Tips Bangun Malam Shalat Tahajud


Sayyid Bakri melalui karyanya Kitab Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya seperti dilansir NU Online memberikan beberapa tips yang dapat memudahkan kita untuk bangun malam dan melakukan shalat tahajud, berikut uraiannya:

1. Memperbarui wudhu pada isya.

2. Berzikir sebelum matahari tenggelam dalam hal bertasbih atau beristighfar dan menghadap kiblat.

3. Mengisi waktu antara maghrib dan isya dengan ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur’an, atau berzikir. Tetapi yang paling utama dari ketiganya adalah shalat.

4. Tidak berbicara setelah zikir tersebut karena bercakap-cakap pada saat itu dapat melenyapkan kelembutan cahaya yang masuk di dalam hati dan dapat menjauhkan dari bangun malam.

Kemudian Sayyid Bakri menambahkan, hal lain yang dapat memudahkan bangun malam untuk dapat mengamalkan shalat tahajud adalah duduk berzikir atau shalat sunah hingga mengantuk.

Selain persiapan lahiriah, Sayyid Bakri juga menyebutkan persiapan batin yang harus dipenuhi dalam memudahkan kita bangun malam untuk melakukan shalat tahajud, yaitu membersihkan batin dari kedengkian, akidah bid’ah, dan kelebihan dalam memikirkan hal duniawi.

Sementara menurut laman Ilmfeed, ada 6 cara mudah yang bisa membantu Anda bangun malam untuk shalat Tahajud:

1. Niatkan Hanya untuk Allah

Niatkan dalam hati bahwa Anda ingin sholat Tahajud hanya untuk Allah. Apakah ingin atau tidak melakukan shalat Tahajud untuk hal tertentu yang diinginkan, buatlah niat yang tulus bahwa Anda shalat hanya karena Allah.

2. Berdoa sebelum Tidur

Panjatkan doa kepada Allah sebelum tidur, katakan kepada-Nya bahwa Anda ingin bangun untuk Tahajud dan membutuhkan bantuan-Nya.

3. Pasang Alarm

Setel alarm saat ingin bangun. Dianjurkan untuk melakukan shalat Tahajud sebelum waktu Subuh dimulai. Jadi aturlah setidaknya 30-40 menit sebelum Subuh, untuk berjaga-jaga jika Anda perlu menekan tombol snooze. Ini bisa sedikit sulit pada awalnya, jadi berikan diri cukup waktu.

4. Tidur Lebih Awal

Tidurlah lebih awal dan jangan buang waktu. Jangan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak perlu; tarik saja selimut dan segeralah tidur.

5. Baca surat pendek

Saat bangun dan baru mulai kembali untuk shalat tahajud, cobalah untuk tidak membaca surat yang panjang dalam setiap rakaatnya. Anda ingin mencoba dan bangun secara teratur, paculah diri, lakukan bertahap untuk bacaan surat saat shalat.

Jika sudah terbiasa bangun dan shalat, maka Anda lama kelamaan juga akan mampu membaca surah yang panjang saat tahajud

6. Jangan Lewatkan Subuh

Pastikan pula Anda tidak melewatkan shalat subuh karena alasan tidur yang kebablasan setelah salat tahajud. Subuh adalah wajib, jadi pastikan itu tidak terlewat.

Bila sudah melakukan segalanya dan masih sulit untuk bangun, jangan menyerah. Terus berniat dan berdoa agar dimudahkan dalam menjalankan shalat tahajud.


Baca juga artikel terkait TAHAJUD atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight