Tips Aman Solo Traveling Bagi Perempuan: Apa Saja Persiapannya?

Kontributor: Lucia Dianawuri, tirto.id - 25 Jan 2023 11:00 WIB
Dibaca Normal 4 menit
Tips aman solo traveling bagi perempuan dan cara mengatur keuangan.
tirto.id - Bagi Anda perempuan penggila traveling, mungkin pernah melakukan solo traveling. Atau, jika belum, mungkin sudah saatnya, Anda segera merencanakan perjalanan solo Anda.

Tren traveling ini, rupanya sedang naik daun di seluruh dunia. Menurut laman Academic Exchanges, solo traveling telah menjadi tren dunia sejak 2016. Bahkan diramalkan, solo traveling akan terus menjadi tren di tahun-tahun yang akan datang.

Selain itu, masih dilansir dari Academic Exchanges, secara statistik, yang paling banyak melakukan perjalanan solo adalah perempuan yaitu sebanyak 84 persen, dan laki-laki hanya sekitar 16 persen.


Jadi, bagi Anda perempuan traveler yang masih ragu melakukan perjalanan solo, segera bulatkan niat Anda, karena data statistik membuktikan bahwa solo traveling adalah hal yang aman bagi perempuan.


Lalu apakah sebenarnya solo traveling itu?


Menurut Solo Travel World dan Solo Friendly yang dilansir dari Academic Exchanges, solo traveling adalah bepergian ke suatu tempat sendirian.

Selama perjalanan ini, Anda memilih, dan memutuskan segalanya, seperti berbagai pelayanan, aktivitas, tempat yang akan dikunjungi, berdasarkan atas apa yang Anda butuhkan, dan inginkan.

Dan, walaupun Anda melakukan perjalanan solo, bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkan bantuan dari pihak lain. Karena, dengan moda traveling solo pun, Anda masih bisa memanfaatkan jasa agen perjalanan yang mengeluarkan paket tur ke tempat yang Anda ingin tuju.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan jika Anda adalah perempuan traveler dan ingin melakukan solo traveling seperti dilansir dari Lonely Planet.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Untuk Solo Traveling


1. Safety first


Memperhitungkan perihal keamanan adalah hal pertama dan utama yang harus Anda jadikan check list. Salah satunya adalah dengan memilih destinasi yang tepat.

Jadi, sebelum benar-benar mengeksekusi solo traveling Anda, lakukan riset yang cermat tentang destinasi yang akan Anda tuju. Pastikan destinasi Anda aman bagi solo traveler.

Pastikan juga Anda tahu tempat-tempat penting yang bisa Anda tuju, jika ada situasi darurat terjadi.

Selain itu memiliki travel insurance, serta menggunakan aplikasi Find My Friends juga bisa menjadi hal yang tepat, karena bisa membuat perjalanan Anda lebih nyaman, dan yang tidak kalah penting adalah, menenangkan orang-orang terkasih yang menunggu Anda di rumah.

2. Belajar bahasa lokal

Belajar bahasa lokal adalah hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum Anda melakukan solo traveling.

Namun, Anda tidak perlu menjadi ahli bahasa lokal dalam waktu singkat hanya untuk solo traveling Anda. Anda hanya perlu mengetahui gambaran umum, dan kosa kata penting yang sering digunakan pada daerah yang hendak Anda tuju.

3. Carilah penginapan yang bisa dipakai bersama

Solo traveling bisa menjadi lebih mahal daripada traveling rombongan. Hal itu karena kamar hotel untuk single lebih mahal harganya, ketimbang hotel atau penginapan yang bisa menampung orang lebih banyak dalam satu kamar.

Oleh karena itu, carilah tempat menginap yang bisa dipakai bersama sesama solo traveler lainnya, semisal penginapan tipe boarding atau asrama. Dengan menginap di penginapan semacam ini, Anda masih tetap solo traveling dan menginap dengan harga miring.

4. Go your own way

Karena setiap destinasi itu unik dan menarik, pilihlah destinasi yang benar-benar sesuai dengan kepribadian Anda, serta tempat yang selalu Anda idam-idamkan untuk dikunjungi.

5. Yakinlah pada diri Anda

Bagi banyak orang, terutama perempuan, solo traveling memiliki tantangan tersendiri, dan terkadang amat menakutkan. Namun, jangan pernah meragukan diri Anda.

Percayalah kalau Anda bisa, dan sangat mampu untuk melakukan perjalanan solo, karena sudah banyak perempuan yang melakukan ini.

Para perempuan ini sehabis solo traveling, pulang dengan membawa pengalaman baru dan tidak terlupakan.

Setelah Anda mempersiapkan diri untuk solo traveling, Anda juga perlu tahu berbagai tips solo traveling yang dijamin bisa membuat perjalanan solo Anda lebih menyenangkan.

Berikut adalah tips solo traveling seperti dilansir dari laman Nerd Wallet.

Tips Aman Solo Traveling Bagi Perempuan



1. Gunakan taxi online atau transportasi online yang terpercaya

Jika Anda ingin bepergian, jangan pernah menyetop taxi di jalanan. Terkadang taxi yang Anda stop langsung di jalanan, adalah taxi gelap, sehingga tidak aman dan tidak jelas tarifnya.

Gunakan taxi online, atau moda transportasi online yang terpercaya. Dengan menggunakan moda transportasi semacam ini, bisa dipastikan kendaraan, sopir dan tarifnya lebih jelas, karena sudah tercatat di aplikasi.


2. Tetap waspada jika Anda pergi ke bar atau restoran

Pastikan Anda memberi tahu lokasi bar atau restoran yang Anda kunjungi ke kawan Anda, atau Anda bisa menggunakan real time location melalui smartphone Anda.

Selain itu, ketika Anda memesan minuman di bar atau restoran, jangan tinggalkan gelas minuman Anda di meja jika Anda ingin pergi ke kamar kecil. Berjaga-jaga tentu lebih baik daripada sesuatu yang tidak Anda inginkan terjadi.


3. Berjalanlah dengan yakin, dan perlihatkan kalau Anda tahu ke mana Anda hendak pergi

Jika Anda pergi ke tempat yang benar-benar baru, jangan perlihatkan sikap bingung. Berjalanlah dengan yakin, dan perlihatkan kalau Anda tahu tujuan Anda.

Kalau Anda tersesat, segera menepi ke café atau toko terdekat, dan carilah arah yang hendak Anda tuju dengan menggunakan smartphone.

Pastikan juga, Anda memiliki nomor telpon darurat pada destinasi yang Anda tuju.


4. Jangan kenakan perhiasan atau aksesoris yang mencolok

Anda harus ingat, bahwa banyak kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Jadi, jangan beri kesempatan kepada penjahat untuk melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan kepada Anda, misalnya dengan mencuri perhiasan atau jam tangan mahal Anda.

Tinggalkan perhiasan dan aksesoris mahal Anda di rumah. Jika Anda ingin tetap mengenakan aksesoris, gunakanlah aksesoris yang sederhana yang sering digunakan oleh penduduk setempat.


5. Gunakan dan sembunyikan telepon Anda pada tempat yang tepat

Banyak sekali traveler yang kehilangan HP nya saat sedang melakukan perjalanan. Beberapa tempat, memang memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan tempat yang lain.

Oleh karena itu, taruh HP Anda di tempat yang aman saat Anda sendang solo traveling. Gunakan tas pinggang yang bisa menyimpan HP Anda secara tersembunyi.

Jika Anda ingin menggunakan HP, masuklah ke dalam café atau toko yang aman.

6. Berpakaianlah yang pas dan sesuai dengan kultur pada tempat yang Anda kunjungi

Kalau Anda pergi ke tempat-tempat yang konservatif, kenakan pakaian yang tidak akan menarik perhatian. Hormatilah kultur serta tradisi di tempat yang Anda kunjungi.


7. Gunakan kartu SIM lokal untuk mencegah biaya roaming yang tinggi

Gunakan kartu SIM lokal supaya Anda bisa tetap terkoneksi dengan internet, dan bisa menelpon dengan harga murah.

Jangan lupa, tetap terkoneksi dengan kawan dan keluarga Anda, agar mereka tidak khawatir, dan bisa segera mencari bantuan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

8. Bergabunglah dengan grup solo female traveler di media sosial, seperti Facebook.

Bergabunglah dengan grup solo female traveler di Facebook, seperti Girls Love Travel dan the Digital Nomad Girls Community.

Dari grup ini, Anda bisa share pengalaman solo traveling Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tips dari solo traveler lainnya, dan sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan banyak teman baru dari grup itu.

Tips Mengatur Keuangan Untuk Solo Traveling


Satu hal yang tidak bisa dilupakan jika Anda ingin solo traveling adalah, bagaimana mengatur keuangan untuk solo traveling yang sukses dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatur keuangan solo traveling Anda, seperti dilansir dari Antara News:

1. Tuntaskan terlebih dahulu kewajiban finansial Anda, sebelum menyisihkan uang untuk kebutuhan solo traveling Anda.

2. Bagi-bagi penghasilan Anda dalam beberapa pos tabungan, Agar semua kebutuhan Anda, terutama yang wajib terpenuhi terlebih dahulu.

3. Melakukan perencanaan anggaran solo traveling, dan akomodasi dari jauh hari, misalnya dengan membeli tiket pesawat dari jauh hari. Jika ingin pergi ke destinasi wisata yang butuh tiket masuk, jika memungkinkan, sebaiknya langsung Anda booking, agar ketika di destinasi, pengeluaran Anda hanya untuk makan dan belanja.

4. Jangan terlalu memaksakan semua itinerary terpenuhi. Anda harus menikmati setiap momen yang ada, dan biarkan diri Anda mendapatkan kejutan-kejutan selama solo traveling.



Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Lucia Dianawuri
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight