Advertorial:

Timnas Indonesia U19 vs Hong Kong: Pembuktian Ketajaman

Oleh: Advertorial - 8 November 2019
Dibaca Normal 2 menit
Ujian kedua akan dihadapi anak asuh Fakhri Husaini saat laga Timnas U19 Indonesia vs Hong Kong. Pertandingan dapat disaksikan di Mola TV, malam ini.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia U19 sukses membuka perjalanan mereka di Kualifikasi AFC U19 Championship 2020 dengan kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada Rabu (6/11/2019).

Tantangan berikutnya untuk Garuda Muda datang dari Hong Kong, yang siap meladeni mereka di Stadion Madya Jakarta pada Jumat (8/11). Laga ini dapat ditonton melalui live streaming Mola TV.

Lolos dari Hantu Partai Perdana

Menjalani partai perdana seringkali tidak mudah. Hal ini berlaku pula untuk Timnas U19 asuhan Fakhri Husaini. Bermodalkan sebagian penggawa yang merupakan jebolan Garuda Select angkatan pertama, Timnas U19 sempat kerepotan melawan Timor Leste, tim yang di Piala AFF U18 2019 lalu dilahap empat gol tanpa balas.

Garuda Muda unggul melalui gol cepat Muhammad Fajar Fatur Rahman. Setelah itu, pasukan Fakhri Husaini memang bisa menjaga keunggulan hingga turun minum. Namun justru Timor Leste yang tampak mampu mengimbangi permainan mereka.

Situasi mencekam datang ketika kiper Ernando Ari melanggar Mouzinho de Lima di kotak penalti pada awal babak kedua. Tendangan panenka Mouzinho membuat kedudukan imbang 1-1. Di sinilah Fakhri kemudian melakukan pergantian pemain, Mochamad Supriyadi masuk menggantikan Sutan Zico.

Kartu merah yang diterima Nelson Pinto Dos Reis pada menit ke-58 turut membuat Indonesia U19 di atas angin. Unggul jumlah pemain dan memiliki energi baru di lini depan, serangan Garuda Muda semakin mengalir.

Sang kapten David Maulana menjadi inspirasi dengan tembakan jarak jauhnya yang dibelokkan bek Timor Leste Gumario Augusto masuk gawang sendiri. Penonton bersorak, Indonesia U19 unggul 2-1.

Banyak peluang tercipta bagi tuan rumah di sisa laga. Namun penyelesaian akhir yang tidak istimewa membuat hanya ada satu gol tambahan tercipta dari aksi kedua Fajar Fatur Rahman. Skor akhir 3-1. Timnas Indonesia U19 menang atas Timor Leste.

“Masuknya Supriadi dan perubahan Bagus menjadi striker merupakan dua kunci sukses kemenangan kami. Selain itu juga datang kartu merah yang membuat kami lebih bisa mengendalikan pertandingan dan membuat banyak peluang,” ungkap Fakhri Husaini dikutip dari website resmi PSSI.


Jebolan Garuda Select

Dalam laga kontra Timor Leste, tujuh dari 11 pemain dalam starting XI Timnas Indonesia U19 adalah sosok-sosok yang merasakan pelatihan di Garuda Select angkatan pertama.

Ernando Ari (kiper), Bagas Kaffa, Salman Alfarid (bek), David Maulana, sang pencetak dua gol Fajar Fathur Rachman (gelandang), hingga Bagus Kahfi dan Sutan Zico (penyerang) dipercaya tampil sejak menit pertama.

Selain itu, Fakhri Husaini Supriadi dan Brylian Aldama yang turun dari bangku cadangan termasuk dalam daftar yang diangkut ke Inggris selama lima bulan sejak Januari hingga Mei 2019 lalu.

Melihat vitalnya peran para penggawa ini, bukan tidak mungkin para alumni Garuda Select angkatan pertama ini juga akan tampil di Piala Dunia U20 2021 yang bakal digelar di Indonesia.


Tes Berikutnya dari Hong Kong

Setelah sukses melewati duel pembuka dengan kemenangan 3-1 atas Timor Leste, Timnas Indonesia U19 sudah ditunggu Hong Kong. Tim ini tidak boleh dianggap remeh karena di laga perdana mampu menahan imbang Korea Utara 1-1.

Selain itu, Hong Kong punya 'dendam tersendiri' karena dalam edisi terakhir Piala Asia U19 2018, mereka gagal berpartisipasi. Ketika itu, Hong Kong sudah kandas di babak kualifikasi, kalah bersaing dengan Australia dan Korea Utara.

Pelatih Hong Kong U19, Amason Tholakur Mararnason, mengakui bahwa Indonesia bukanlah lawan mudah. Kecepatan para pemain Garuda Muda, terutama di sektor sayap, bakal membuat barisan belakang Hong Kong harus bekerja keras selama 90 menit dalam laga pada Jumat (8/11) nanti.

“Terutama build up cepatnya, mereka memiliki pemain-pemain sayap cepat. Terlihat saat mereka mengalahkan Timor Leste," kata Mararnason.

Kendati begitu, Indonesia bukannya tanpa cela. Penyelesaian akhir yang masih jauh dari kata memuaskan bisa menciptakan masalah. Jika lini depan tak kunjung mencetak gol, sekali kebobolan akan membuat mental anak asuh Fakhri Husaini goyah.

Terlebih lagi, David Maulana dan kawan-kawan punya beban moral untuk memuaskan para pendukung. Tak hanya suporter yang datang ke stadion, melainkan juga jutaan rakyat Indonesia yang menyaksikan lewat siaran langsung maupun dari live streaming.

Sejauh mana pasukan Garuda Muda bisa menampilkan performa terbaik? Pertandingan melawan Hong Kong dapat disaksikan melalui tayangan Mola TV pada Jumat (8/11/2019) pukul 19.00 WIB.

Untuk menjadi saksi laga Indonesia U19 vs Hong Kong nanti, penggemar sepak bola nasional dapat terlebih dulu menyiapkan perangkat Mola Polytron Streaming, Mola Polytron Smart TV, atau Mola Matrix. Laga ini juga dapat ditonton melalui mobile dengan mengunduh aplikasi Mola TV.

DarkLight