Timnas U-19

Timnas Indonesia U19 Ikut Turnamen Kroasia, di Mana Bagus Kahfi?

Oleh: Iswara N Raditya - 3 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tidak ada nama Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri di skuad Timnas Indonesia U-19 yang dibawa PSSI dan pelatih Shin Tae-yong ke Kroasia.
tirto.id - Timnas Indonesia U19 saat ini sedang berada di Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan sekaligus mengikuti International U19 Friendly Tournament 2020. Tidak ada nama Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri di skuad Timnas U-19 yang dibawa oleh PSSI dan pelatih Shin Tae-yong. Lantas, di mana bomber muda harapan bangsa itu?

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia U19 membawa 27 pemain untuk mengikuti turnamen di Kroasia. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi yang tidak lain adalah saudara kembar Bagus Kahfi turut dibawa serta dan berada di skuad Garuda Muda saat ini. Namun, tidak demikian halnya dengan Bagus Kahfi.

Bagus Kahfi memang terpaksa absen membela pasukan muda Indonesia kali ini. Striker asal Magelang, Jawa Tengah, ini masih menjalani perawatan dan pemulihan akibat cedera yang didapatnya pada Maret 2020 lalu saat memperkuat tim Garuda Select di Inggris.

Kronologi Cederanya Bagus Kahfi

Di pertandingan ujicoba melawan Reading U18 pada 2 Maret 2020 silam, Bagus Kahfi mengalami cedera patah pergelangan kaki kiri. Laga itu berakhir dengan skor sama kuat 2-2 dan sepasang gol Garuda Select diborong oleh Bagus Kahfi sebelum ia ditarik keluar pada menit 25.

Insiden di tengah pertandingan itu terjadi ketika Bagus Kahfi terlibat duel udara dengan salah satu bek Reading. Mulanya, striker Indonesia berusia 18 tahun ini mencoba menjangkau bola sapuan dari kiper Risky Sudirman di area pertahanan Garuda Select.

Bagus Kahfi yang dijaga ketat oleh bek Reading memang memenangi duel udara dan bisa menghalau bola. Namun, ia salah tumpuan saat mendarat. Pergelangan kaki kiri pemain milik Barito Putera ini sempat terlipat saat menyentuh tanah. Bagus Kahfi tertelungkup dan mengerang kesakitan.

Garuda Select melalui Instagram kemudian mengonfirmasi bahwa Bagus Kahfi mendapat cedera patah pergelangan kaki dan pergeseran ligamen. Ia harus menjalani operasi. Operasi Bagus Kahfi ditangani oleh dokter spesialis ortopedi Inggris yang pernah merawat cedera David Beckham dan Wayne Rooney.


Apa Kabar Bagus Kahfi Kini?

Bagus Kahfi saat ini masih berada di Inggris dan sedang dalam masa pemulihan. Cederanya memang sudah berangsur pulih, namun striker muda yang gemar memakai jersey bernomor 20 ini masih harus memulihkan diri dan baru bisa melakukan latihan ringan.

Kegiatan Bagus Kahfi melakoni masa pemulihan ia unggah di sosial media beberapa waktu lalu. Ia berada di The Lewin Sports Injury Clinic, Inggris. Klinik ini merupakan dimiliki oleh fisioterapis Arsenal, Gary Lewin.


Dalam video singkat yang diunggah melalui akun Twitter miliknya pada Rabu (2/9/2020) kemarin, striker muda Indonesia yang mengidolakan Bambang Pamungkas ini terlihat sedang berlari ringan di atas treadmill, dengan mencantumkan cuitan, “Im back!”


Bagus Kahfi selama ini menjadi andalan Timnas Indonesia usia muda, sejak Timnas U16 hingga U19, lantaran kepiawaiannya dalam mencetak gol. Kolaborasinya dengan sang saudara kembar, Bagas Kaffa, yang berposisi sebagai bek atau sayap kanan seringkali membuahkan situasi positif bagi tim.

Kendati tidak ikut skuad Timnas Indonesia U19 yang saat ini sedang bersiap menghadapi turnamen persahabatan internasional di Kroasia, namun Bagus Kahfi diharapkan bisa segera pulih sepenuhnya.

Kehadiran striker berusia 18 tahun ini tentunya diperlukan untuk memperkuat Timnas U20 yang akan berkiprah di putaran final Piala Dunia U20 2021 mendatang yang bakal dihelat di Indonesia.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA U19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight