tirto.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional. Dengan adanya kerja sama itu, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Program uji coba TikTok dan Tokopedia yang mengusung 'kampanye beli lokal' akan berlangsung, Selasa (12/12/2023) besok yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Dikutip dari laman TikTok, nantinya akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia.
"Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," dikutip Tirto dari laman TikTok, Senin (11/12/2023).
Selanjutnya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo.
Mulai dari promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok. Diharapkan bisa mendorong para UMKM meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu yaitu tahap produksi sampai ke hilir (penjualan).
Kemudian, para UMKM juga akan didukung pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional. Lalu membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia. Tidak hanya itu, pihaknya juga memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar. Transaksi tersebut juga diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.
"Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market)," dikutip dalam keterangan tertulis.
Penulis: Intan Umbari Prihatin
Editor: Intan Umbari Prihatin